Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Jurus Mendagri Luruskan Ormas Tak Sesuai Pancasila

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menelaah kehadiran organisasi kemasyarakatan. Menurut Tito ormas yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila perlu diluruskan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 November 2019  |  15:52 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengikuti rapat kerja dengan Komite I DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019). Rapat tersebut membahas isu-isu terkait otonomi daerah, pemerintah daerah serta hubungan pusat dan daerah. - Antara
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengikuti rapat kerja dengan Komite I DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019). Rapat tersebut membahas isu-isu terkait otonomi daerah, pemerintah daerah serta hubungan pusat dan daerah. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menelaah kehadiran organisasi kemasyarakatan. Menurut Tito ormas yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila perlu diluruskan.

"Banyak sekali ormas yang bagus, ini kita dorong, tapi ada juga ormas yang mungkin bukan hanya sekadar mengkritik tapi juga membawa nilai-nilai yang tidak sesuai ideologi Pancasila, nah yang begini kita harus luruskan," kata Tito Karnavian saat menjawab urgensi penilaian ormas di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menurut Tito tujuan terbentuknya ormas di dalam negara demokrasi sangat baik karena posisinya sebagai penyeimbang pemerintahan.

"Untuk menyeimbangkan dominasi negara supaya nanti tidak otoriter maka muncul masyarakat sipil, organisasi masyarakat," kata Tito.

Kemudian, kata dia, dalam perjalanannya organisasi masyarakat ada yang tumbuh positif yang posisinya memang memberikan kritik membangun bagi pemerintah, atau bahkan berkolaborasi dengan pemerintah untuk membangun bangsa.

Namun, menurut dia, pertumbuhan ormas bisa juga sebaliknya, bukan hanya mengkritik tetapi ternyata juga membawa ideologi-ideologi lain yang tidak sesuai dengan Pancasila.

"[Meluruskannya] bisa dengan cara pendekatan dialog komunikasi pada mereka, bisa juga menggunakan sanksi," ucap Tito.

Untuk sanksi bisa dengan pembubaran organisasi masyarakatnya. "Bahkan juga bisa diterapkan tindak pidana kalau melakukan perusakan dan tindak pidana korporasi," kata Tito.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ormas Tito Karnavian

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top