Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Forum Konsultasi Bilateral RI-Swedia Digelar. Ini Isu yang Dibicarakan

Sejumlah pembahasan yang mengemuka a.l. rencana kunjungan pejabat tinggi Indonesia ke Swedia, minyak sawit berkelanjutan, kerja sama pertahanan, transportasi, dan rencana dialog antariman.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 19 November 2019  |  19:37 WIB
Forum Konsultasi Bilateral RI-Swedia Digelar. Ini Isu yang Dibicarakan
Stockholm - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dan Swedia mengadakan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-6 di Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Sejumlah pembahasan yang mengemuka a.l. rencana kunjungan pejabat tinggi Indonesia ke Swedia, minyak sawit berkelanjutan, kerja sama pertahanan, transportasi, dan rencana dialog antariman.

Delegasi RI dipimpin oleh Pelaksana Tugas Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu Teuku Faizasyah, sedangkan delegasi Swedia dipimpin oleh Deputy Director-General, Head of Department for Asia and Pacific Kemenlu Swedia Cecilia Ruthström-Ruin.

Indonesia yang memiliki target mengurangi defisit perdagangan RI-Swediabermaksud meningkatkan investasi yang masih rendah dibandingkan kapasitas outbound investment Swedia, memperkuat kemitraan kerja sama untuk digital economy (start-up) dengan inovasi tinggi, pengembangan kemitraan dalam kerja sama multilateral (UNSC, Dewan HAM, Disarmament dan Women, Peace, and Security), dan pengembangan kemitraan dalam kerja sama di bidang pendidikan dan riset serta teknologi.

“Swedia penting bagi Indonesia khususnya dalam sektor investasi di mana Swedia merupakan negara yang aktif dalam sektor energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan, manufaktur, ritel, serta infrastruktur maritim,” demikian isi siaran pers KBRI Stockholm, Selasa (19/11/2019).

Pada semester I/2019, investasi Swedia di Indonesia meningkat 29,8% menjadi US$21,8 juta setelah pada periode sama sebelumnya menorehkan US$16,8 juta. KBRI menyatakan peningkatan itu menunjukkan potensi yang dimiliki oleh Swedia sangat besar dan terdapat minat Swedia untuk berinvestasi di Indonesia yang dipandang sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

Selain itu, Swedia juga merupakan mitra kerja sama di bidang pengembangan teknologi energi bersih, baru dan terbarukan, pendidikan, ristek, dan konservasi lingkungan.

FKB sebelumnya dilaksanakan di Stockholm, Swedia pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hubungan bilateral
Editor : M. Taufikul Basari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top