Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditemukan Pendaftar CPNS 2019 Iseng Pakai Foto Sate, Akunnya Abal-Abal

Badan Kepegawaian Negara menemukan pendaftar CPNS 2019 abal-abal. Pemilik akun menggunakan foto sate sebagai foto profil.
Tangkapan layar situs  sscasn.bkn.go.id/Istimewa
Tangkapan layar situs sscasn.bkn.go.id/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara menemukan pendaftar CPNS 2019 abal-abal. Pemilik akun menggunakan foto sate sebagai foto profil.

Pelaksana Tugas Kepala Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Paryono mengatakan para pendaftar abal-abal ini hanya untuk mengganggu psikologi pendaftar lainnya.

Para seleksi tahun sebelumnya, peserta dapat melihat jumlah pelamar di masing-masing formasi. Celah ini dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mengelabui calon pelamar lain.

Tujuan pelaku membuat banyak akun abal-abal adalah untuk menambah jumlah pelamar di suatu formasi. Sehingga secara tidak langsung akan menurunkan minat peserta lain untuk melamar di formasi tersebut.

"Kemungkinan para pembuat akun abal-abal itu, dikiranya masih seperti tahun lalu yang formasinya masih bisa terlihat. Tahun ini kan tidak [begitu]," katanya kepada Bisnis di Gedung DPR, Senin (18/11/2019).

Panitia telah mengantisipasi hal tersebut dengan menutup jumlah pendaftar di tiap formasi. Langkah ini dimaksudkan untuk memberi keleluasaan bagi seluruh pendaftar.

"Ada foto sate, di Jogja ada 10 akun pakai sate semua. Belum daerah lain," terangnya.

Pihaknya memastikan akun abal-abal ini tidak akan lolos administrasi. Pasalnya panitia akan melakukan seleksi ketat sebelum mengumumkan jumlah peserta yang lolos administrasi dan berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper