Menteri LHK Asistensi Sejumlah Gubernur Soal Kehutanan dan Lingkungan

Mengambil kesempatan keberadaan para gubernur dan bupati/wali kota selama di Jakarta, Menteri LHK Siti Nurbaya menggelar rapat konsultasi teknis fungsional menteri dan jajaran eselon I dengan sejumlah gubernur bersama jajaran teknis dinas serta bupati/wali kota di Jakarta selama dua hari, Kamis-Jumat (14-15/11/2019).
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 18 November 2019  |  03:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Mengambil kesempatan keberadaan para gubernur dan bupati/wali kota selama di Jakarta, Menteri LHK Siti Nurbaya menggelar rapat konsultasi teknis fungsional menteri dan jajaran eselon I dengan sejumlah gubernur bersama jajaran teknis dinas serta bupati/wali kota di Jakarta selama dua hari, Kamis-Jumat (14-15/11/2019).

Rapat membahas masalah dan hambatan program kerja nasional dan daerah serta kondisi-kondisi berkenaan dengan kehutanan dan lingkungan.

Asistensi kebijakan ini dilakukan selama dua hari itu dilaksanakan masing-masing lebih dari dua jam diskusi untuk mencapai kata sepakat dan keputusan penyelesaian masalah sehingga implementasi program dapat berjalan mulus.

“Berbagai persoalan berkaitan dengan lingkungan hidup dan kehutanan, ada di daerah. Karena itu saya mengundang para gubernur, 14-15 November 2019 di Jakarta, untuk mendengarkan langsung, berdiskusi dan mencari solusi bersama berbagai persoalan di tingkat tapak,” ujar Siti kepada media, Sabtu (16/11/2019).

Gubernur yang hadir pada kesempatan dua hari itu ialah Gubernur Riau Syamsuar, Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Kalimantan Barat Sutarmidji, Kalimantan Timur Isran Noor,  Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, serta Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Persoalan yang dibahas di antaranya terkait dengan perencanaan kawasan, Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan hutan sosial, konservasi, hutan produksi dan daya saing industri kehutanan, rehabilitasi hutan dan lahan, pengendalian daerah aliran sungai, kebakaran hutan dan lahan serta gambut, pencemaran dan pemulihan lingkungan, serta soal-soal sampah dan limbah.

Selain itu juga dibahas mengenai desa-desa di dalam kawasan hutan, kekayaan genetik dan biprospecting, serta penegakan hukum lingkungan.

Selain membahas masalah yang diajukan oleh gubernur dan bupati dilakukan juga diskusi dengan semua pejabat eselon I KLHK secara mendetail.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
klhk

Editor : Herdiyan
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top