Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jabatan Pemerintahan : Eselon 4 Kena Pangkas Lebih Awal

Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menjelaskan alasan pemerintah akan menghapus jabatan eselon 3, 4 dan 5 di seluruh instansi.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 November 2019  |  15:04 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. - Antara
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemangkasan jabatan di level eselon 4 menjadi langkah pertama yang dilakukan terkait dengan upaya pemangkasan sejumlah eselon, seperti eselon 3,4, dan 5.

"Saya kira di Kementerian PANRB [Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ] sudah menyiapkan. Yang nanti akan memangkas pertama mungkin eselon 4 terlebih dahulu di tiap kementerian," katanya dalam sambutannya di Kantor Presiden, Senin (11/11/2019).

Kendati demikian, dia mengemukakan keputusan tersebut harus melalui pertimbangan dan kajian yang cermat.

Sebelumnya, Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menjelaskan alasan pemerintah akan menghapus jabatan eselon 3, 4 dan 5 di seluruh instansi.

Pemangkasan jumlah pejabat eselon tersebut sebelumnya sudah diutarakan oleh Presiden Jokowi saat pelantikannya sebagai Presiden bersama Wapres Ma`ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

Menurutnya, terdapat beberapa alasan terkait pemangkasan pejabat eselon yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam satu tahun ke depan.

Pertama, pemerintah ingin membangun profesionalisme birokorasi termasuk bagi CPNS yang akan mengikuti seleksi mulai akhir tahun ini.

"Kedua untuk menciptakan akuntabilitas pemerintah. Dari struktur birokrasi yang hierarki menimbulkan penundaan pengambilan keputusan," kata Tjahjo di kantornya, Rabu (30/10/2019).

Alasan lainnya pemangkasan ini adalah untuk memperkuat tanggung jawab pejabat atas putusan tindakan administrasi yang ada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi birokrasi reformasi birokrasi pejabat eselon kementerian panrb
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top