Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 Tokoh Bangsa

Presiden Joko Widodo memberikan gelar kepahlawanan nasional kepada enam tokoh bangsa.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 08 November 2019  |  13:46 WIB
Ahli waris memegang tanda jasa yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo saat penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/11/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A
Ahli waris memegang tanda jasa yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo saat penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/11/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo memberikan gelar kepahlawanan nasional kepada enam tokoh bangsa.

Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional 2019 digelar di Istana Negara, Jumat (8/11/2019), pada pukul 13.35 WIB.

Adapun, tokoh yang mendapatkan gelar kepahlawanan nasional yakni Abdul Kahar Muzakkir, Alexander Andries (AA) Maramis, KH Masykur, Profesor M. Sardjito, Ruhana Kudus, dan Sultan Himayatuddin.

Penetapan keenam tokoh tersebut menjadi pahlawan nasional didasarkan atas Keputusan Presiden No 120/TK/Tahun 2019.

Seperti diketahui, Abdul Kahar Muzakkir, A. A. Maramis, dan KH Masykur merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sementara itu, Sardjito merupakan dokter dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Namanya juga diabadikan menjadi nama Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito di Provinsi Yogyakarta.

Lainnya, Ruhana Kudus merupakan tokoh perempuan dan wartawan. Ruhana yang berasal dari Provinsi Sunatra Barat, menulis di surat kabar perempuan bernama Poetri Hindia.

Tokoh yang mendapat gelar kepahlawanan nasional lainnya adalah Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sejumlah menteri atau kepala lembaga yang terlihat hadir antara lain Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Provinsi Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pahlawan nasional.
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top