31.000 Aparat Gabungan TNI-Polri Bakal Amankan Pelantikan Presiden 20 Oktober

31.000 Aparat Gabungan TNI-Polri Bakal Amankan Pelantikan Presiden 20 Oktober
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  18:46 WIB
31.000 Aparat Gabungan TNI-Polri Bakal Amankan Pelantikan Presiden 20 Oktober
Ilustrasi. - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya Kodam Jaya akan mengerahkan 31.000 personel gabungan mengamankan jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan puluhan ribu personel gabungan tersebut akan dibagi dalam tiga ring pengamanan. Ring pertama berada di gedung DPR RI, tempat dilaksanakan pelantikan.

"Itu kewenangan Paspampres yang ada di sana. Kemudian ring dua di kawasan gedung DPR. Di sana ada TNI - Polri yang menjaga di sana," katanya di Polda Metro Jaya, Selasa (15/10/2019).

Adapun ring ketiga juga masih berada di sekitar kawasan gedung DPR. Pengamanan di ring ini juga dikawal oleh TNI maupun Polri. Sementara itu, lalu lintas di sekitar DPR masih situasional dan sudah direncanakan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Kita juga mengamankan tamu negara asing maupun pimpinan negara asing yang ada di Jakarta. Kemudian kita kawal sampai ke lokasi pelantikan di DPR," ucapnya.

Pihaknya berharap pengamanan ini dapat menunjukkan harkat dan martabat negara. Kepolisian juga berharap pelantikan nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu dapat menjadi perhatian internasional terkait demokrasi di Tanah Air.

"Dengan adanya pelantikan tersebut untuk menjaga harkat dan martabat negara karena diliput media asing dan juga dihadiri oleh pimpinan-pimpinan negara sahabat, pemimpin negara asing juga hadir berkenaan dengam pelantikan tersebut," terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, polisi

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top