Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Hungaria, Menlu Retno Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendorong peningkatan kerja sama di berbagai bidang dengan Hungaria dalam kunjungannya ke Budapest pada Selasa (18/9/2019). Menlu Retno bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Pter Szijjrt .
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Pter Szijjrt saat kunjungan ke Budapest, Hungaria, Selasa (17/9/2019)/Kementerian Luar Negeri RI
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Pter Szijjrt saat kunjungan ke Budapest, Hungaria, Selasa (17/9/2019)/Kementerian Luar Negeri RI

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendorong peningkatan kerja sama di berbagai bidang dengan Hungaria dalam kunjungannya ke Budapest pada Selasa (18/9/2019). Menlu Retno bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Péter Szijjártó .

Keduanya membahas upaya konkret untuk meningkatkan volume perdagangan dan investasi serta kerja sama ekonomi digital dan pengadaan air bersih di Indonesia.

"Kedua menteri sepakat mendorong ditingkatkannya intensitas bisnis kedua negara dan dipercepatnya penyelesaian perundingan Indonesia–EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA)," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (18/9).

Sebagai tindak lanjut, kedua menteri juga menugaskan para dirjen masing-masing untuk melaksanakan Sidang Komisi Bersama bidang Ekonomi RI dan Hungaria di Budapest pada Desember mendatang.

Selama kunjungan ini, Menlu Retno juga telah bertemu dengan para CEO perusahaan-perusahaan Hungaria dari sektor pengelolaan air, informasi teknologi, transportasi dan teknologi keuangan. Di samping mengundang untuk berinvestasi di Indonesia, Menlu Retno juga mendorong partisipasi para pengusaha tersebut pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2019, sekaligus hadir pada forum bisnis antara Indonesia dan Visegrad di Jakarta pada Oktober 2019.

Selain itu, kedua menteri juga membahas kerja sama pendidikan dan sosial budaya sebagai sektor prioritas unggulan lainnya. Keduanya juga telah menandatangani MoU dalam bidang pendidikan vokasi dan pelatihan.

"Implementasi dari MoU ini diharapkan dapat memberikan kontribusi mendukung implementasi kurikulum SMK di Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan artificial intelligence (AI). Hal ini berkontribusi kepada pembentukan SDM Indonesia yang unggul," ujar Retno.

Di bidang pendidikan, Hungaria akan meningkatkan jumlah penerima beasiswa Indonesia dari 50 menjadi 100 pelajar. Tercatat sebanyak 127 orang mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Hungaria di program S2 dan S3 di bidang sains, sosial, ekonomi, dan lainnya.

Guna memperluas dan memperdalam kerja sama Indonesia dengan kawasan Eropa Tengah, Indonesia memprakarsai pembentukan forum kerja sama Indonesia- Visegrád. Negara-negara Visegrád yang terdiri dari Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slowakia memiliki lebih dari 64 juta penduduk dan total PDB lebih dari US$2,2 triliun. Kawasan ini menjadi pasar non-tradisional yang berpotensi tinggi bagi Indonesia.

Adapun Indonesia dan Hungaria memiliki hubungan diplomatik sejak 1955 dan memiliki kerja sama menonjol di bidang pengelolaan air, pendidikan dan inbound serta outbound investment. Kunjungan Menlu Retno ke Hungaria juga untuk mempersiapkan berbagai kegiatan untuk mengisi peringatan 65 tahun pembukaan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hongaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper