Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komisi III dan Pemerintah Sepakat Rancangan KUHP Dibawa ke Rapat Paripurna DPR

Komisi III dan Pemerintah kembali mencapai kesepakatan. Setelah revisi UU KPK dan revisi UU Pemasyarakatan disepakati, kali ini kedua pihak sepakat membawa rancangan KUHP ke rapat paripurna DPR.
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly (kedua kiri)/ANTARA-M Agung Rajasa
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly (kedua kiri)/ANTARA-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi III dan Pemerintah kembali mencapai kesepakatan. Setelah revisi UU KPK dan revisi UU Pemasyarakatan disepakati, kali ini kedua pihak sepakat membawa rancangan KUHP ke rapat paripurna DPR.

Komisi III DPR RI dan Pemerintah yang diwakili Menteri Hukum dan HAM menyepakati Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dibawa dalam pembicaraan Tingkat II di Rapat Paripurna DPR untuk disahkan menjadi UU.

"Izinkan saya untuk memberikan pengesahan untuk diketok. Bisa disepakati," kata Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin dalam Rapat Kerja dengan Kemenkumham di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Seluruh anggota Komisi III DPR yang hadir dalam Raker tersebut menyatakan setuju RKUHP dibawa dalam Rapat Paripurna untuk disahkan menjadi UU.

Begitu pula Menkumham Yasonna Laoly selaku Wakil Pemerintah sepakat RKUHP dibawa dalam Rapat Paripurna untuk disahkan menjadi UU.

Yasonna mengatakan persetujuan RKUHP untuk dibawa ke Pembicaraan Tingkat II merupakan hal yang membahagiakan dan membanggakan karena merupakan perjuangan panjang menyusun RKHUP.

Menurut Yasonna penyusunan RKUHP merupakan upaya bangsa Indonesia untuk melakukan dekolonialisasi, kodifikasi, konsolidasi dan demokratisasi hukum pidana nasional yang didasarkan pada pemikiran aliran neoklasik.

"Hal itu yang selain mempertimbangkan suatu perbuatan dan juga memperhatikan aspek Individual tindak pidana dan berusaha menjaga keseimbangan antara faktor objektif perbuatan pidananya dengan faktor subjektif," ujar Yasonna.

Dia mengatakan, dengan RKUHP yang akan disahkan, diharapkan penegakan hukum pidana di Indonesia dapat berjalan lebih baik lagi sesuai dengan pertimbangan moral nilai-nilai agama, keamanan dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat yang demokratis guna menjamin terwujudnya suatu kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper