Rekonstruksi Pembunuhan Ayah Anak Dilakukan 58 Adegan

Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi pembunuhan ayah dan anak di komplek apartemen kalibata dan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis, (5/9/2019). Tersangka pembunuhan utama Aulia dan eksekutor memperagakan setidaknya 58 adegan.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 05 September 2019  |  18:07 WIB
Rekonstruksi Pembunuhan Ayah Anak Dilakukan 58 Adegan
Tersangka pembunuhan ayah dan anak, Aulia Kesuma (tengah) saat melakukan reka ulang di komplek apartemen kalibata, Kamis (5/9/2019). Bisnis Indonesia - Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi pembunuhan ayah dan anak di komplek apartemen kalibata dan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis, (5/9/2019). Tersangka pembunuhan utama Aulia dan eksekutor memperagakan setidaknya 58 adegan.

Rekonstruksi dimulai dari adegan di mana Aulia obat-obatan di apotek Century di  Tower Gaharu, apartemen Kalibata City. Tersangka membeli sejumlah barang berupa obat tidur valdres 30 butir, sarung tangan karet dan alkohol.

Komplek apartemen Kalibata City merupakan titik Aulia membeli obat dan menyusun rencana, sedangkan kediaman di Lebak Bulus adalah lokasi pembunugan dua korban yaitu Edi Chandra dan Dana.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan di komplek apartemen kalibata penyidik menggelar 26 adegan yang diperankan oleh para tersangka.

"Tadi adegan pertama dimulai dari keterangan tersangka 1 lalu dibenarkan oleh tersangka lain. Itu kumpul di suatu kamar nanti ada perencanaannya seperti apa," kata Argo di Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Di komplek apartemen, adegan lainnya yang dilakukan oleh tersangka seperti persiapan pembunuhan membeli obat nyamuk hingga rencana pembakaran dengan membeli bensin.

Setelah itu, polisi melanjutkan rekonstruksi di Lebak Bulus dengan memperagakan 29 adegan. Sisanya pembakaran mobil bersama dua korban di mobil dilakukan di Mapolda Metro Jaya. Menurutnya, seluruh reka ulang sesuai dengan keterangan tersangka.

Tiga tersangka yang ikut dalam reka adegan kali ini, yaitu tersangka pembunuhan utama Aulia Kesuma, dua eksekutor Kusmawanto Agus dan Muhammad Nur Sahid. Sementara itu, seorang tersangka lain yaitu Geovanni Kevin masih dirawat di rumah sakit akibat terkena luka bakar saat melancarkan aksi.

Aulia diketahui merupakan istri kedua Edi Chandra sekaligus ibu tiri bagi Dana. Pembunuhan itu sebut Aulia dilatarbelakangi atas tunggakan hutang bank yang terus membengkak mencapai Rp10 miliar di dua bank. Namun, Edi Chandra disebut enggan melego rumah mereka untuk melunasi hutang. Hal ini membuat Aulia nekat membunuh suami dan anak tirinya itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pembunuhan

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top