Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Malang Dirundung Gempa Magnitudo 4,3 SR

Gempa bermagnitudo 4,3 mengguncang Malang Jawa Timur, Sabtu (24/8/2019). Belum diketahui dampak akibat kejadian ini.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 24 Agustus 2019  |  23:11 WIB
Ilustrasi: Grafik hasil pencatatan seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Ilustrasi: Grafik hasil pencatatan seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Gempa bermagnitudo 4,3 skala Richter (SR) mengguncang Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/8/2019). Belum diketahui dampak akibat kejadian ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa ini terjadi pada 19.45 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 8,83 lintang selatan dan 112,49 bujur timur.

"Pusat gempa berada di laut 77 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Kedalaman [gempa] 10 kilometer," tulis BMKG, Sabtu (24/8/2019).

Berdasarkan catatan BMKG, guncangan ini turut dirasakan di Malang, Blitar, Tenggalek, Tulungagung, dan Kepanjen. Namun, kekuatan gempa yang dirasakan hanya di kisaran II - III modified mercalli intensity (MMI).

Skala guncangan II ditandai dengan getaran yang dirasakan hanya oleh beberapa orang dan bergoyangnya benda bergantung, sedangkan skala III MMI ditandai dengan getaran yang dirasakan nyata di dalam rumah dan getaran seakan trusn melintas di dekat rumah.

Kendati demikian, belum diketahu dampak yang ditimbulkan akibat guncangan ini. BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum menyampaikan informasi lanjutan selepas gempa tadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top