Papua Rusuh, Menkes: Rumah Sakit Tetap Jalankan Misi Kemanusiaan

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek nyatanya menerima laporan petugas kesehatan yang mangkir dari tugasnya saat kerusuhan menolak rasialisme di Manokwari yang berujung ricuh di Manokwari, Papua berlangsung.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  13:37 WIB
Papua Rusuh, Menkes: Rumah Sakit Tetap Jalankan Misi Kemanusiaan
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek di JS Luwansa pada Kamis (22/8 - 2019) / Ria Theresia Situmorang
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek nyatanya menerima laporan petugas kesehatan yang mangkir dari tugasnya saat kerusuhan menolak rasialisme yang berujung ricuh di Manokwari, Papua.
 
"Ada laporan dari petugas kesehatan, (tapi) jangan hanya mencari aman," tegasnya saat ditemui di JS Luwansa, Jakarta Selatan pada Jumat (23/8/2019).
 
Menurutnya, petugas rumah sakit yang tidak mengemban tugasnya hanya karena takut tercederai karena dampak kerusuhan tersebut adalah tindakan yang tidak bijak.
 
"Sempat (petugas) rumah sakit tidak ada yang berani keluar. Tapi tidak bisa, kita harus tetap menjalankan tugas kemanusiaan," ungkap Menkes.
 
Sebagai upaya penyelamatan, jika dibutuhkan, Menkes berharap petugas kesehatan bekerjasama dengan pihak keamanan di wilayah tersebut.
 
"Kalau memang membahayakan kami minta bantuan keamanan, bersinergi dengan tentara supaya tetap bisa bekerja. Apapun juga dalam keadaan bencana rumah sakit harus tetap jalan," katanya. 
 
Menkes menerangkan agar pihaknya tak perlu sampai mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) darurat untuk melayani masalah kesehatan masyarakat di Manokwari, Papua.
 
"Jangan sampai demikian. Rumah sakit harusnya netral, benderanya putih," tutupnya.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan, papua, menkes

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top