China Puji Kesamaan Pendapat dengan Jepang dan Korsel

China memuji kesamaan pendapat dengan Jepang dan Korea Selatan ketika para diplomat tinggat tinggi ketiga negara bertemu di Beijing untuk pembicaraan pertama mereka sejak 2016.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  15:30 WIB
China Puji Kesamaan Pendapat dengan Jepang dan Korsel
Bendera Korea Selatan dan Jepang. - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – China memuji kesamaan pendapat dengan Jepang dan Korea Selatan ketika para diplomat tinggat tinggi ketiga negara bertemu di Beijing untuk pembicaraan pertama mereka sejak 2016.

Dilansir Bloomberg, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan ketiga negara Asia Utara terseut berjanji pada untuk bekerjasama demi mendukung perdagangan bebas dan mempertahankan pertumbuhan regional.

Mereka menegaskan kembali komitmen mereka untuk menciptakan zona perdagangan bebas antara negara dan menyelesaikan negosiasi pada akhir tahun dalam pakta perdagangan 16 negara Asia atau Regional Comprehensive Economic Partnership.

"Dengan tekanan pada ekonomi global, tiga ekonomi penting China, Jepang dan Korea Selatan dapat meningkatkan koordinasi ekonomi makro dan bekerja sama untuk menegakkan sistem perdagangan bebas," kata Wang saat bertemu dengan Menlu Taro Kono dari Jepang dan Kang Kyung-wha dari Korea Selatan.

"Kami akan memastikan ekonomi terbuka demi pertumbuhan dan kemakmuran global," ungkapnya, seperti dikutip Bloomberg.

Tiga negara tertangga tersebut menghadapi meningkatnya kekhawatiran ekonomi ketika Presiden Donald Trump mengesampingkan peran AS sebagai pembela sistem perdagangan bebas yang telah mendukung pertumbuhan ekonomi yang bergantung pada ekspor mereka.

Sementara itu, China telah bergerak selama beberapa tahun terakhir untuk meredam sengketa keamanan dengan Jepang dan Korea Selatan yang mengganggu hubungan ekonomi.

Pada Juni, Xi Jinping menjadi presiden Cina pertama yang mengunjungi Jepang dalam sembilan tahun terakhir dan berencana melakukan kunjungan kenegaraan yang lebih formal dalam beberapa bulan mendatang.

Berdasarkan laporan Kyodo News awal bulan ini, para pemimpin dari tiga negara berencana untuk bertemu di China pada bulan Desember.

Namun, Kono mengatakan kepada Wang pada Selasa bahwa Jepang sangat prihatin terhadap aksi protes yang sedang berlangsung di Hong Kong.

Sementara itu, Kang mengatakan negaranya mencari hubungan yang lebih dekat dengan China di tengah-tengah perselisihan dengan Jepang dan sengketa perdagangan antara AS dan China.

Jepang dan Korea Selatan telah terlibat dalam perselisihan perdagangan yang dipicu oleh ketidaksepakatan mengenai pendudukan Jepang tahun 1910-1945 di Semenanjung Korea.

"China mencatat kesulitan dalam hubungan Korea Selatan-Jepang," kata Wang. "Kami berharap kedua belah pihak dapat memperhatikan pertimbangan satu sama lain dan bekerja sama untuk kerjasama tiga arah."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jepang, china, korea selatan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top