Ini Penjual Jersey Basket Barack Obama yang Laku Rp1,7 Miliar

Salah satu jersey bola basket yang pernah dimiliki mantan Presiden AS Barack Obamalaku terjual seharga 120 ribu dolar AS atau Rp1,7 miliar, kata sebuah balai lelang Dallas, Senin waktu setempat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2019  |  10:29 WIB
Ini Penjual Jersey Basket Barack Obama yang Laku Rp1,7 Miliar
Obama saat masih menjadi senator dari kubu Demokrat, bermain basket 3 lawan 3 selama masa kampanye di Kokomo, Indiana, 25 April 2008 - Reuters/Polich Frank

Bisnis.com, JAKARTA - Barack Obama mencatat sejarah baru dalam pelelangan jersey basket. 

Salah satu jersey bola basket yang pernah dimiliki mantan Presiden AS Barack Obamalaku terjual seharga 120 ribu dolar AS atau Rp1,7 miliar, kata sebuah balai lelang Dallas, Senin waktu setempat.

Menurut Heritage Auctions, kaos "Punahou 23" dijual oleh Pete Noble, yang bersekolah di Punahou School di Honolulu sekitar waktu yang sama dengan Obama.

Noble menjelaskan dalam sebuah surat bahwa pada awal 1980-an dia menemukan jersey itu, yang "sudah usah dan layak masuk tempat sampah," namun ia memilih untuk menyimpannya.

Kostum tim bola basket yang pernah dikenakan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama sewaktu masih menjadi pelajar SMA Punahou di Hawaii.-Antara

“Selama puluhan tahun kenang-kenangan pribadi masa kecil saya sendiri telah diubah menjadi artefak monumental sejarah Amerika, dan karena itu saya telah memutuskan [itu] layak untuk panggung yang jauh lebih besar daripada lemari saya,” tulis Noble, yang kini berusia 55 tahun. dan tinggal di Seattle.

Noble menulis bahwa dia telah "menyimpan baju itu selama bertahun-tahun sebagai kenang-kenangan dari waktu yang sangat istimewa dan hari-hari yang mulia - sampai Obama terpilih pada tahun 2008, dan Noble "kebetulan memperhatikan (saya percaya pada artikel Sports Illustrated) bahwa dia juga memakai jersey bernomor sama. "

“Dia [Obama] mengenakannya 2 tahun sebelum waktu saya akan mengenakan jersey universitas Punahou # 23 selama 2 tahun,” tulis Noble.

Mengutip AFP, Antara, Selasa (20/8/2019) menyebutkan bahwa jersey nomor 23 itu dikenakan Obama saat masih berusia 18 tahun. Ketika itu Obama tercatat sebagai pelajar SMA Punahou di Hawaii. Saat itu Obama tinggal di Hawaii, tulis badan lelang Heritage Auctions.

Jersey itu tadinya dihargai 100 ribu dolar AS sebelum kemudian laku terjual 20 dolar AS lebih mahal.

Obama terkenal sebagai penggemar basket dan sering terlihat bermain basket selama waktu istirahat di Gedung Putih, bersama staf kepresidenan, selebritis atau tamu negara lainnya.

Pemilik nama lengkap Barack Hussein Obama II ini lahir  4 Agustus 1961. Obama tercatat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44 dan merupakan orang Afrika Amerika pertama yang menempati jabatan tersebut.

Lahir di Honolulu, Hawaii, Obama lulus dari Universitas Columbia dan Harvard Law School. Obama mengalahkan calon dari Partai Republik John McCain dalam pemilihan umum presiden tahun 2008, dan dilantik sebagai presiden pada tanggal 20 Januari 2009. Sembilan bulan kemudian, Obama dinyatakan sebagai pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2009. Ia terpilih lagi sebagai presiden pada November 2012, mengalahkan Mitt Romney dari Partai Republik, dan dilantik untuk kedua kalinya pada tanggal 20 Januari 2013.

Semasa kecil, Obama pernah tinggal di Indonesia di daerah Menteng Dalam, Jakarta Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
obama

Sumber : Antara/People

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top