Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Trump Jadikan Hong Kong Syarat Kesepakatan Dagang dengan China

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, kalau China ingin membuat kesepakatan perdagangan harus memperlakukan warga Hong Kong "secara manusiawi" terlebih dahulu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  07:45 WIB
Presiden China Xi Jinping, Ibu Negara China Peng Liyuan, Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menghadiri makan malam kenegaraan di Aula Besar Rakyat di Beijing, Cina, 9 November 2017. - Reuters
Presiden China Xi Jinping, Ibu Negara China Peng Liyuan, Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menghadiri makan malam kenegaraan di Aula Besar Rakyat di Beijing, Cina, 9 November 2017. - Reuters

Bisnis.com JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, kalau China ingin membuat kesepakatan perdagangan harus memperlakukan warga Hong Kong "secara manusiawi" terlebih dahulu.

Pernyataan Trump tersebut secara eksplisit mengikat perjanjian perdagangan dengan resolusi damai atas aksi protes pro-demokrasi di Hong Kong.

“Tentu saja China ingin membuat kesepakatan. Biarkan mereka bekerja secara manusiawi dengan Hong Kong terlebih dahulu! ”kata Trump di Twitter seperti dikutip Reuters, Kamis (15/8/2019).

“Saya tidak memiliki keraguan bahwa jika Presiden Xi (Jinping) ingin dengan cepat dan manusiawi menyelesaikan masalah Hong Kong, dia dapat melakukannya. Pertemuan pribadi?," ujar Trump.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan sebelumnya bahwa Amerika Serikat "sangat prihatin" tentang gerakan paramiliter China di sepanjang perbatasan Hong Kong.

Ekspresi kekhawatiran Departemen Luar Negeri AS muncul setelah anggota parlemen senior dari partai Demokrat dan Republik meminta Trump untuk mengambil garis yang lebih keras dengan China. Pasalnya, ada kekhawatiran atas kemungkinan intervensi China di Hong Kong.

Trump, yang terus mengupayakan kesepakatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan perdagangan dengan China, menghadapi kritik dari Kongres dan di tempat lain karena tidak mengambil kebijakan publik yang tegas di Hong Kong.

Kongres berharap Trump menegaskan bahwa "kerusuhan" di Hong Kong merupakan masalah bagi China untuk berurusan dengan AS.

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china amerika serikat xi jinping Donald Trump
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top