Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Kesehatan Siap 100 Persen Layani Jemaah dalam Prosesi Arafah-Mina

Tim dan berbagai fasilitas kesehatan yang dipersiapkan oleh pemerintah untuk menyiagakan pelayanan dalam proses ibadah haji selama di Arafah-Muzdalifah-Mina dinilai sudah siap 100 persen.
Tenda-tenda di Mina yang mulai disiapkan untuk mabit jemaah/Antara-Hanni Sofia
Tenda-tenda di Mina yang mulai disiapkan untuk mabit jemaah/Antara-Hanni Sofia

Bisnis.com, JAKARTA - Tim dan berbagai fasilitas kesehatan yang dipersiapkan oleh pemerintah untuk menyiagakan pelayanan dalam proses ibadah haji selama di Arafah-Muzdalifah-Mina dinilai sudah siap 100 persen.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (9/8/2019), Tim Asistensi Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Balitbang Kesehatan Kementerian Kesehatan Siswanto menjelaskan seluruh tenaga kesehatan dan sarana prasarana pelayanan sudah siap untuk pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah hingga dilanjutkan ke Mina.

“Kalo menurut saya sudah siap. Saya kira kita juga sudah punya Tim Gerak Cepat yang untuk Armina itu vital dalam mengurangi kesakitan dan kematian,” kata Siswanto.

Tim asistensi mengunjungi klinik kesehatan milik Kerajaan Arab Saudi yang bisa dijadikan rujukan bagi pasien asal Indonesia. Di klinik ini, akan disediakan satu orang dokter umum, dua dokter spesialis dan beberapa tenaga paramedis.

Di Arafah, tim asistensi dan rombongan lainnya meninjau Pos Kesehatan Arafah yang dikelola oleh Tim Mobile Bandara. Pos tersebut sudah rampung dan siap untuk melayani jamaah.

Terdapat pos kesehatan belum tersedia listrik yang memadai dan sehingga tidak ada pendingin ruangan. Namun masalah teknis tersebut segera ditangani dan pos langsung teraliri penyejuk ruangan.

“Sambil berjalan hal seperti itu akan dilengkapi, terutama kelengkapan obat kemudian AC itu penting supaya jemaah merasa nyaman,” kata Siswanto.

Tidak tersedia pos kesehatan khusus di wilayah Muzdalifah karena memang jemaah hanya singgah sesaat untuk mabit dan mengumpulkan kerikil.

Meski begitu, Kemenkes tetap menyiapkan pos-pos sementara dan ambulans yang berjaga. Ambulans milik Indonesia ditempatkan di lokasi yang mudah diakses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper