Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUBES RI UNTUK AUSTRALIA & VANUATU YOHANES KRISTIARTO S. LEGOWO : "Peluang Berinvetasi di Australia Cukup Besar"

Hubungan bilateral Indonesia dan Australia memasuki babak baru dengan ditandatanganinya IA-CEPA pada Maret 2019. Oleh karena itu, ada banyak peluang kerja sama yang bisa dimanfaatkan pebisnis Indonesia di Australia.
Sydney, Australia/Istimewa
Sydney, Australia/Istimewa

Temukan Informasi Bisnis Sebanyaknya

Apa pesan Anda bagi perusahaan Indonesia yang ingin investasi di Australia?

Pesan saya untuk WNI yang ingin berinvestasi di Australia adalah temukan informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan menggunakan jalur formal [Pemerintah Indonesia dan Australia], maupun informal [komunitas bisnis Indonesia di Australia].

Pebisnis Indonesia bisa juga mencari partner lokal yang sesuai, dan mengelola bisnisnya secara profesional. Kemudian, berbisnislah pada bidang yang sesuai dengan keahlian atau bidang masing-masing. Patuhi peraturan lokal yang berlaku, khususnya dalam hal registrasi perusahaan dan standar kualitas produk.

Di bidang sosial, budaya, dan pendidikan, apa saja kerja sama yang ingin Anda tingkatkan?

Saya akan melanjutkan program-program yang selama ini telah berjalan dengan baik di KBRI Canberra, seperti kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia, mulai dari Festival Indonesia, National Multicultural Festival [NMF], Festival Bunga Floriade, Indonesian Cultural Circle [ICC].

Kami juga akan melanjutkan kerja sama dengan berbagai mitra terkemuka di Australia, termasuk National Gallery of Australia [NGA] untuk menampilkan dan memamerkan berbagai karya seni kontemporer Indonesia.

KBRI Canberra dan NGA telah menandatangani MoU kerja sama pada 2014 dan diikuti dengan berbagai kolaborasi bidang seni budaya, seperti pementasan wayang kulit, gamelan dan pameran besar seni kontemporer Indonesia bertajuk Contemporary Worlds Indonesia, dari 21 Juni—27 Oktober 2019.

Kami juga akan mengoptimalkan kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Australia mengingat kedua negara sama-sama saling membutuhkan. Apalagi, jumlah mahasiswa Indonesia di Australia terus meningkat hingga menjadi salah satu destinasi terfavorit bagi mahasiswa Indonesia yang ke luar negeri.

Hal tersebut mencerminkan adanya intensitas hubungan antara masyarakat kedua negara yang semakin meningkat. Bagaimanapun, hubungan kedua negara tidak semata terfokus pada government-to-government, tetapi juga people-to-people.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper