Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Perkenalkan Coworking Space Seukuran Boks Telepon Umum

WeWork Cos., penyedia co-working space di Jepang juga melihat perusahaan dan pekerja yang mulai menyukai tempat kerja fleksibel yang dapat digunakan kapan saja ketika dibutuhkan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 01 Agustus 2019  |  19:33 WIB
Co Working Space Telecube di Jepang - Mitsubishi Estate Co via Bloomberg
Co Working Space Telecube di Jepang - Mitsubishi Estate Co via Bloomberg

Bisnis.com, BANDUNG - Masyarakat Jepang kini tidak perlu repot mencari tempat kerja di luar kantor. Mistubishi Estate Co. bersama Okamura Corp., V-Cube Inc. dan Telecube Inc. berencana memasang 1.000 boks mini co-working space seukuran boks telepon umum hingga 2023.

Mini co-working space seukuran 1,2 meter persegi atau 13 kaki persegi ini akan dipasang di stasiun kereta, bandara hingga lobi gedung pencakar langit. 

Boks yang kedap suara ini akan dilengkapi tempat duduk, meja dan colokan listrik. Perusahaan yang bergabung dalam proyek ini meyakini permintaan kantor mini akan tumbuh ke depannya. Pasalnya, kedai kopi di Tokyo sering kali penuh dengan pekerja yang berjibaku dengan laptopnya.

WeWork Cos., penyedia co-working space di Jepang juga melihat perusahaan dan pekerja yang mulai menyukai tempat kerja fleksibel yang dapat digunakan kapan saja ketika dibutuhkan.

"Jika Anda sedang dalam perjalanan kembali dari kunjungan penjualan dan kebetulan memiliki waktu luang 15 menit di stasiun kereta, Anda mungkin ingin mengakses tempat kerja yang cepat," ungkap CEO Telecube Hiroyuki Mashita kepada Bloomberg, Kamis (01/08/2019).

Pengguna harus memesan kantor mini ini sebelumnya, dan membuka kunci boks dengan menggunakan QR code lewat telepon pintar. 

Harga sewa per boks dibanderol 250 yen atau US$2,30 per 15 menit. Telecube juga memberikan layanan paket berlangganan bagi perusahaan dengan tarif bulanan.

Tren pertumbuhan co-working space di Jepang semakin gencar seiring dengan pemerintah Jepang yang mulai mendorong para pekerja untuk bekerja di luar kantor sebagai antisipasi kemacetan selama Olimpiade Tokyo 2020.

Pemerintah Jepang telah memperkirakan sebanyak 7,8 juta penonton akan hadir di Tokyo.

Dengan adanya himbauan tersebut, perusahaan di Jepang mulai meningkatkan kegiatan teleworking/mobile working atau bekerja jarak jauh. Sebanyak 19 persen perusahaan skala kecil dengan 100 pegawai telah mengadopsi pola kerja fleksibel tersebut.

Sejauh ini, Mistubishi Estate Co. bersama Okamura Corp., V-Cube Inc. dan Telecube Inc. telah melakukan percobaan 22 purnarupa boks Telecube sejak November 2018.

East Japan Railway Co. ikut meluncurkan kantor mini yang dinamankan, Station Booths. Kantor mini milik operator kereta api ini telah diujicobakan mulai pekan ini, Kamis (1/8/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

coworking space jepang
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top