Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahan Baku Makanan Jemaah Haji Dipastikan Berkualitas Tinggi

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memastikan bahan baku yang makanan jemaah haji Indonesia berkualitas tinggi.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  07:27 WIB
Suasana ibadah haji 2018 di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, - Reuters/Zohra Bensemra
Suasana ibadah haji 2018 di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, - Reuters/Zohra Bensemra

Bisnis.com, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memastikan bahan baku yang makanan jemaah haji Indonesia berkualitas tinggi.

"Alhamdulillah kami melakukan pengecekan ke dapur yang menyediakan makanan untuk jemaah haji," kata Direktur Pelayanan Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis sebagaimana dilansir laman resmi Kemenag.

Saat meninjau salah satu perusahaan katering, Sri Ilham memastikan semua proses penyimpanan bahan baku, penataan dapur, hingga proses memasak berjalan dengan baik dan higienis.

“Penyimpanan sayur dipisah, tidak digabung dengan daging dan ikan. Gula, beras dan garam juga berada di ruang penyimpanan tersendiri,” ujar Sri Ilham.

Sri Ilham, yang juga bertindak sebagai Pengendali Teknis Pelayanan Luar Negeri PPIH, juga menjamin bahwa makanan yang disediakan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan gizi jemaah haji Indonesia.

“Sesuai dengan kontrak dengan penyedia katering, kami memang meminta mereka untuk menyiapkan bahan baku dari Indonesia,” ujar Sri Ilham.

Dia menambahkan bahwa PPIH mensyaratkan perusahaan katering untuk menggunakan bahan baku dari Indonesia antara lain bumbu, kecap, teh, termasuk juga ikan patin, termasuk juru masak dari Indonesia.

“Tadi kami rasakan sendiri bagaimana kualitas dari makanan yang akan didistribusikan ke jemaah. Nasinya pulen dan sayur mayurnya juga fresh, tidak terlalu matang, tidak terlalu keras, dan rendangnya sesuai dengan rasa rendang yang ada di Indonesia,” ujar Sri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji

Sumber : Kemenag.go.id

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top