Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Pesawat Tempur Rusia

Militer Korea Selatan melepaskan dua tembakan peringatan ke sebuah pesawat militer Rusia yang memasuki wilayah udaranya kemarin waktu setempat.
Pesawat tempur korsel
Pesawat tempur korsel

Bisnis.com, JAKARTA--Militer Korea Selatan melepaskan dua tembakan peringatan ke sebuah pesawat militer Rusia yang memasuki wilayah udaranya kemarin waktu setempat.

Menurut seorang pejabat kementerian pertahanan di Seoul, insiden tersebut menunjukkan untuk pertama kalinya pesawat militer Rusia melanggar wilayah udara Korea Selatan.

Pesawat militer itu merupakan salah satu dari tiga pesawat Rusia yang memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) pada Selasa pagi seperti dikutip Reuters, Selasa (23/7).

Selain ketiga pesawat Rusia tersebut, dua pesawat militer China juga turut terpantau dalam KADIZ.

Sampai berita ini diturunkan belum ada komentar resmi dari pejabat dari China maupun Rusia.

Kementerian pertahanan Korsel mengatakan mengajukan keluhan resmi mengenai pelanggaran wilayah udara tersebut pada Beijing dan Moskow.

Berdasarkan keterangan militer Korsel, pesawat Rusia telah melanggar wilayah udaranya di atas Dokdo, sebuah pulau yang diduduki oleh Korea Selatan dan juga diklaim oleh Jepang, tepat setelah jam 9 pagi waktu setempat.

"Militer Korea Selatan mengambil tindakan taktis termasuk menjatuhkan suar dan menembakkan tembakan peringatan," menurut pernyataan kementerian pertahanan itu.

Pesawat Rusia meninggalkan wilayah udara Korea Selatan tetapi kemudian masuk lagi sekitar 20 menit kemudian, sehingga mendorong Korea Selatan untuk melepaskan tembakan peringatan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper