KBRI Damaskus Kembali Pulangkan 17 TKI dari Suriah

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus, Suriah  kembali merepatriasi 17 warga negara Indonesia (WNI) yang juga merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui Beirut-Lebanon.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  11:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus, Suriah  kembali merepatriasi 17 warga negara Indonesia (WNI) yang juga merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui Beirut-Lebanon.

Menurut keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (23/7/2019), sebanyak 17 TKI tersebut telah berhasil diperjuangkan dan diselesaikan segala permasalahan hak-haknya. Dalam rombongan tersebut, terdapat delapan orang TKI yang tiba di Suriah setelah kebijakan moratorium pada 2011.

Hingga saat ini, masih terdapat puluhan orang TKI yang masih dalam proses penanganan permasalahannya dan diperjuangkan hak-haknya di rumah singgah sementara (shelter) KBRI Damaskus.

"KBRI telah dan akan terus melakukan upaya maksimal dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap WNI yang berada di Suriah, meskipun di tengah berbagai keterbatasan yang ada dan situasi konflik yang masih melanda Suriah," ujar Duta Besar RI untuk Suriah, Wajid Fauzi.

Wajid juga menitipkan salam untuk keluarga di Indonesia dan meminta para TKI untuk mengambil pelajaran dari apa yang dialami di Suriah.

 

Sejak September 2011, Pemerintah RI telah melakukan moratorium pengiriman tenaga kerja ke Timur Tengah. Demi pertimbangan kemanusiaan, KBRI Damaskus mengharapkan para pengirim TKI menghentikan pengiriman ke Suriah karena situasi masih rawan sehingga upaya perlindungan menghadapi banyak kendala.

Kemenlu menekankan bahwa pengiriman yang dilakukan secara ilegal atau setelah kebijakan moratorium adalah pelanggaran terhadap pasal 2 UU RI No. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan TPPO, serta pasal 82 UU No. 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
TKI

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top