Di Depan Peserta IDF 20019, Wapres JK Tantang Para Ahli Hasilkan Ide yang Aplikatif

Permasalahan besar yang sedang dihadapi Indonesia meliputi upaya pengentasan kemiskinan, keadilan sosial dan ekonomi serta pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 22 Juli 2019  |  11:38 WIB
Di Depan Peserta IDF 20019, Wapres JK Tantang Para Ahli Hasilkan Ide yang Aplikatif
Wakil Presiden Jusuf Kalla. JIBI/Bisnis - Anggara Pernando

Kabar24.com, JAKARTA — Para pemikir dalam pembaruan pembangunan di Indonesia harus memberikan solusi yang dapat menyelesaikan persoalan bangsa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan terdapat sejumlah masalah bangsa yang membutuhkan perencanaan yang baik serta eksekusi untuk menyelesaikannya.

"Kita tidak hanyak bicara ide dan inisiatif [yang ideal untuk dihasilkan dari sebuah perencanaan ] namun juga pelaksanaan yang baik," kata Jusuf Kalla dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di Jakarta, Senin (21/7/2019).

Menurut Jusuf Kalla permasalahan besar yang sedang dihadapi Indonesia meliputi upaya pengentasan kemiskinan, keadilan sosial dan ekonomi serta pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Sehingga pertemuan ini [IDF 2019] memberikan inovasi baru," katanya.

Jusuf Kalla yang pernah menjabat Ketua Umum Partai Golkar ini menyebutkan selama ini perencanaan pembangunan bersifat keputusan dari atas untuk dilaksanakan di bawah (top down).

Untuk itu pemikir dalam IDF dapat melahirkan ide dan solusi untuk bangsa yang dapat diserap oleh pemerintah.

IDF 2019 merupakan wadah bagi para praktisi pembangunan di sektor publik pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk bertemu, bertukar gagasan, dan mencari solusi guna atasi tantangan pembangunan Indonesia.

Pada IDF 2019 acara mengusung tema Mission Possible: Memanfaatkan Peluang Pekerjaan Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif.

Forum ini menghadirkan lebih dari 250 pembicara nasional dan internasional dengan latar belakang industri dan sektor yang beragam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jusuf kalla, kemiskinan, SDGs

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top