Dana Pensiun China Semester I/2019 Surplus Lebih dari US$700 Miliar

Dana pensiun China mencatatkan surplus lebih dari 5 triliun yuan (US$726,62 miliar) pada semester I/2019.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 20 Juli 2019  |  19:21 WIB
Dana Pensiun China Semester I/2019 Surplus Lebih dari US$700 Miliar
Ilustrasi-Turis asal China saat mengunjungi Yogyakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Dana pensiun China mencatatkan surplus lebih dari 5 triliun yuan (US$726,62 miliar) pada semester I/2019.

China sedang menghadapi ledakan demografis yang artinya populasi orang tua tumbuh signifikan dibandingkan populasi angkatan kerja.

Setelah adanya laporan yang menunjukkan bahwa dana pensiun China bakal defisit pada awal 2035, Pemerintah China berhasil meyakinkan bahwa pensiun masyarakat akan dijamin.

"Semua orang harus yakin bahwa kita akan menjamin dana pensiun dasar akan dibayarkan secara penuh dan tepat waktu. Tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga pada waktu mendatang," kata You Jun, Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, dikutip dari Reuters, Sabtu (20/7/2019).

Dia mengungkapkan, ketika pemerintah ingin mengurangi beban pajak pada perusahaan, justru hasil yang terjadi adalah kurangnya kontribusi.

Untuk mengatasi hal itu China telah membentuk cadangan jaminan sosial dan meningkatkan kontribusi yang berasal dari skema dana abadi pemerintah. Pemerintah daerah juga akan berkontribusi untuk menambal kekurangan tersebut.

China telah mengalokasikan subsidi senilai 528,5 miliar yuan ke skema dana pensiunnya pada enam bulan pertama tahun ini. Angka itu tercatat tumbuh 9,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top