Powell Tidak Akan Mundur Jika Dipecat Trump

Ketua Komite Jasa Keuangan Parlemen AS Maxine Waters membuka sidang semi-tahunan mengenai kebijakan moneter dengan mengatakan bahwa independensi bank sentral seperti layaknya 'gajah di dalam ruangan'.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  15:07 WIB
Powell Tidak Akan Mundur Jika Dipecat Trump
Gubernur The Fed Jerome Powell - Bloomberg

Bisnis.com, BANDUNG – Independensi Federal Reserve sebagai bank sentral dites di tengah sidang semi tahunan di Kongres AS. Gubernur Fed Jerome Powell menegaskan dia tidak akan mundur dari jabatannya jika Presiden Donald Trump berusaha memecatnya.

Ketua Komite Jasa Keuangan Parlemen AS Maxine Waters membuka sidang semi-tahunan mengenai kebijakan moneter dengan mengatakan bahwa independensi bank sentral seperti layaknya 'gajah di dalam ruangan'.

“Sangat penting bahwa Federal Reserve mempertahankan independensinya dari cabang eksekutif,” tegas Maxine seperti dikutip Bloomberg, Rabu (11/7/2019).

Waters, anggota partai Demokrat dari California, bertanya langsung kepada Powell.

“Jika Anda mendapatkan telepon dari presiden hari ini atau esok, dan dia mengatakan 'saya memecat Anda, ini saatnya Anda pergi'. Apa yang akan Anda lakukan?” tanya Waters.

Powell menjawab dirinya tidak akan menuruti perintah Presiden. "Tentu saja, saya tidak akan melakukan itu,” kata Powell di depan anggota parlemen.

“Saya tidak dapat mendengar Anda,” kata Waters bercanda sehingga mengundang tawa di dalam ruangan kongres.

“Jawaban saya, tidak,” tegas Powell.

Momen ini terjadi di tengah upaya intervensi pemerintah terhadap kebijakan moneter Fed, terutama ketika Presiden Trump mengkritik kebijakan Powell.

Dari berita Bloomberg, Trump diketahui telah membahas pemecatan Powell pada akhir 2018 dan meminta pengacara Gedung Putih awal tahun ini untuk mengeksplorasi opsi untuk menyingkirkannya dari jabatan gubernur Fed.

Namun, bulan lalu, Trump membantah dalam sebuah wawancara bahwa dia mengancam akan menurunkan Powell. Bantahan Trump tersebut diikuti oleh pernyataannya yang menegaskan bahwa dia bisa memecat Powell, jika dia mau.

Trump  telah mencoba untuk menunjuk beberapa loyalisnya masuk ke Dewan Gubernur. Dua orang pilihannya ditolak oleh anggota kongres dan gagal maju ke jajaran Dewan Gubernur Fed.

Pekan lalu (02/07), Trump kembali mengatakan dia akan menunjuk Judy Shelton untuk masuk ke Dewan Gubernur. Judy Shelton adalah penasihat ekonomi Trump. Shelton mengungkapkan dirinya siap masih ke jajaran Dewan Gubernur Fed dan mendorong kebijakan yang lebih pro pertumbuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kebijakan The Fed

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top