Pengumuman SBMPTN 2019: Masih Dibuka, Pendaftaran Ujian Mandiri UNS

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM-UNS) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  09:00 WIB
Pengumuman SBMPTN 2019: Masih Dibuka, Pendaftaran Ujian Mandiri UNS
Universitas Sebelas Maret - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM-UNS) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS.

Seleksi ini  di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru Program Sarjana dan/atau Diploma dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-LTMPT) Tahun 2019 dan Nilai Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) SM-UNS Tahun 2019 dan/atau prestasi non-akademik.

Pendaftaran seleksi mandiri dibuka mulai 2 hingga 12 Juli mendatang, dengan jadwal Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) pada Minggu 21 Juli 2019 dan Pengumuman hasil seleksi pada 31 Juli mendatang yang dapat dilihat melalui website https://spmb.uns.ac.id.

Dengan mengakses dan mendaftar pada website tersebut, peserta juga akan mendapatkan nomor pendaftaran SM UNS dan dapat membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 yang dapat dibayarkan melalui Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), atau Bank Mandiri.

Seleksi didasarkan atas pengolahan data nilai UTBK LTMPT Tahun 2019 dan Nilai Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) SM-UNS Tahun 2019 dan/atau nilai prestasi non-akademik dengan materi Soal UTBC SM-UNS 2019 meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pilihan Lokasi UTBC SM-UNS tahun 2019 terdapat di Surakarta (UNS), Surabaya (UNESA), Bandung (UNPAD), Jakarta (UNJ), Serang (UNTIRTA), Lampung (UNILA), Medan (USU), Makassar (UNHAS).

Peserta yang telah diterima pada SNMPTN atau SBMPTN tahun 2019 juga tidak diikutsertakan pada seleksi SM-UNS Tahun 2019.

Peserta dapat memilih dua program studi Sarjana (S-1) dan/atau Diploma (D-3 dan D-4) pada kelompok program studi Saintek dan kelompok program studi Soshum dengan ketentuan kelompok Saintek, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek.

Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki Sertifikat Hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Soshum.

Persyaratan khusus juga diberlakukan bagi peserta yang memilih program studi Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dipersyaratkan pada SBMPTN 2019 yang bersangkutan telah juga memilih program studi Olahraga dan tinggi badan minimal putra 160 cm, sedangkan tinggi badan putri minimal 155 cm.

Bagi yang memilih program studi Kriya Seni/Tekstil, Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Seni Rupa dipersyaratkan pada SBMPTN Tahun 2019 yang bersangkutan memilih program studi sebagaimana tersebut di atas.

Biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SM-UNS Tahun 2019terdiri dari  Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

SPI dipungut sekali selama studi pada awal tahun kuliah dengan pembayaran dapat diangsur dua kali (Nominal SPI bervariasi untuk setiap program studi).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sbmptn, uns, perguruan tinggi negeri

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top