Tidak Lolos SBMPTN? Masih Bisa Masuk IPB, Pendaftaran Terakhir 10 Juli

Institut Pertanian Bogor (IPB) bisa menjadi pilihan, karena mulai 2019 kampus dengan akreditasi peringkat A (sangat baik) ini membuka Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK).
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  21:02 WIB
Tidak Lolos SBMPTN? Masih Bisa Masuk IPB, Pendaftaran Terakhir 10 Juli
Ilustrasi. - Repro

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diumumkan pada Selasa (9/7/2019) pukul 15.00 WIB. Jika calon mahasiswa ingin masuk perguruan tinggi negeri tapi belum lolos SBMPTN, maka jalur ujian mendiri bisa jadi pilihan.

Institut Pertanian Bogor (IPB) bisa menjadi pilihan, karena mulai 2019 kampus dengan akreditasi peringkat A (sangat baik) ini membuka Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK). UTM-BK merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri.

Namun perlu diperhatikan bahwa pendaftaran terakhir adalah pada 10 Juli 2019 pukul 16.00 WIB. Artinya, sehari setelah pengumuman hasil SBMPTN 2019.

Menurut laman resmi PB, ada dua metode seleksi yang digunakan, yaitu melalui ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB atau menggunakan skor UTBK.

“Seorang calon mahasiswa boleh memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi yang tidak mempunyai skor UTBK maka calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh IPB,” begitu pengumuman IPB.

Apabila calon mahasiswa ingin menggunakan nilai dalam UTBK, maka mereka tidak perlu mengikuti ujian tulis. Skor dalam UTBK yang dapat digunakan untuk program sarjana adalah skor UTBK Saintek.

Sebagai informasi, untuk jalur masuk UTM-BK program sarjana dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF).

 

INFORMASI PENDAFTARAN

Pendaftaran UTM-BK IPB                             : 21 Mei dan ditutup pada 10 Juli 2019 pukul 16.00 WIB.

Pembayaran Biaya Pendaftaran                                : 22 Mei -11 Juli 2019 Pukul 15.00 WIB

Cetak kartu peserta ujian mulai                                 : 2 Juli 2019 Pukul 14.00 WIB - 12 Juli 2019 Pukul 16.00 WIB

Pelaksanaan Ujian Tulis                                                 : 13 Juli 2019 (Lokasi di Bogor)

Pengumuman Hasil Seleksi                          : 20 Juli 2019 Pukul 16.00 WIB

Registrasi online Calon Mahasiswa *       :  21-24 Juli 2019

Periode Pembayaran UKT *                        :  27-31 Juli 2019

Verifikasi berkas*                                            : 1-2 Agustus 2019

 

Keterangan *)                                                   : dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu

Materi yang diujikan (program sarjana)

  • Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) yang meliputi TPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Jumlah soal sebanyak 90 soal. Waktu pengerjaan adalah 75 menit.
  • Sistem penilaian : nilai 1 jika benar, dan nilai 0 jika salah
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD) Saintek meliputi : Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Jumlah soal sebanyak 80 soal. Waktu pengerjaan adalah 120 menit.
  • Sistem penilaian Pilihan Ganda: 4 jika benar, -1 jika salah, 0 jika tidak menjawab; Isian Singkat: 4 jika benar, 0 jika salah atau tidak menjawab.

PERSYARATAN & KETENTUAN

  • Persyaratan dan Ketentuan Peserta UTM-BK IPB Tahun 2019:
  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK IPA Tahun 2017, 2018, atau 2019.
  • Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  • Bagi peserta UTBK tahun 2019, skor UTBK tahun 2019 dapat digunakan untuk seleksi UTM. Pendaftaran dilakukan melalui laman admisi.ipb.ac.id dengan memilih strata “Sarjana”, kemudian memilih jalur masuk “UTM skor UTBK (Saintek)”.
  • Bagi peserta yang memilih menggunakan skor UTBK, maka cukup mengunggah Kartu Peserta UTBK serta Skor UTBK tahun 2019 tanpa harus mengikuti ujian tulis UTM-BK IPB.
  • Bagi peserta yang tidak mengikuti UTBK tahun 2019, maka harus mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh IPB.
  • Skor UTBK tahun 2019 yang dapat digunakan untuk seleksi UTM-BK IPB adalah Skor UTBK Saintek.
  • Bagi peserya yang memilih mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh IPB, pendaftaran dilakukan melalui laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id dengan memilih strata “Sarjana”, kemudian memilih jalur masuk “UTM-BK (IPA)”
  • Peserta UTM-BK harus memilih 1 (satu) atau 2 (dua) program studi yang ditawarkan.
  • Peserta diperkenankan memilih pilihan ketiga yaitu pilihan IPB dimana apabila peserta tidak diterima di pilihan 1 dan pilihan 2 maka bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.
  • Khusus Program Studi Kedokteran Hewan (FKH), Teknologi Pangan (ITP), dan Teknologi Industri Pertanian (TIN) menawarkan 2 (dua) jenis kelas, yaitu kelas reguler dan kelas internasional bagi WNI dan WNA (perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) lebih tinggi dari kelas reguler).
  • Peserta kelas internasional tidak diperkenankan menggunakan skor UTBK.
  • UTM-BK untuk kelas internasional diselenggarakan dalam bahasa Inggris.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- untuk peserta UTM yang akan menggunakan Skor UTBK tahun 2019 atau Rp. 500.000,- untuk peserta UTM yang akan mengikuti ujian tulis.
  • Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

IPB punya sejumlah kampus, yaitu IPB Dramaga, IPB Baranangsiang, IPB Taman Kencana, IPB Gunung Gede, IPB Cilibende, dan IPB Sukabumi.

Sebelum diresmikan pada 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Barulah pada 1 September 1963, Presiden Pertama Indonesia Soekarno melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Institut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ipb, sbmptn

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top