Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengadilan Sita Perhiasan Mantan Menteri Senilai US$40 Juta

Akibat melakukan tindak pidana pencucian uang, seorang mantan menteri harus kehilangan berbagai perhiasan senilau US$40 juta.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, ABUJA - Akibat melakukan tindak pidana pencucian uang, seorang mantan menteri harus kehilangan berbagai perhiasan senilau US$40 juta.

Pengadilan di Nigeria telah memerintahkan penyitaan segera perhiasan dan IPhone emas yang dipesan khusus senilai 40 juta dolar AS milik mantan Menteri Perminyakan Diezani Alison-Madueke, kata lembaga anti-korupsi negara itu pada Jumat (5/7/2019) waktu setempat.

Barang-barang mewah tersebut termasuk ratusan gelang, cincin, anting, kalung dan jam tangan, ditemukan di sebuah properti yang dimiliki Alison-Madueke, kata pihak Komisi Kejahatan Ekonomi dan Finansial (EFCC).

Alison-Madueke, yang menjadi menteri perminyakan tahun 2011 hingga 2015, didakwa oleh EFCC secara in absentia telah melakukan pencucian uang tahun 2017. Keberadaannya hingga saat ini belum diketahui. Seorang pengacara yang berkantor di London dan mewakili dia belum segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Perintah yang dikeluarkan pengadilan itu memberi waktu kepada EFCC untuk mempublikasikan dakwaan-dakwaan tersebut di surat kabar nasional dan mengizinkan mantan menteri itu atau "siapa saja yang tertarik dengan barang-barang mewah tersebut" untuk menunjukkan mengapa barang-barang tersebut jangan disita secara permanen ke pemerintah federal.

Pada 2017, satu pengadilan mengizinkan pemerintah menyita secara permanen satu blok apartemen senilai 37,5 juta dolar yang dimiliki Alison-Madueke di sebuah kawasan dekat Lagos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper