Petugas Haji Gelombang Pertama Diberangkatkan ke Tanah Suci

Pantia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1440H/2019 mulai diberangkatkan hari ini.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 04 Juli 2019  |  18:05 WIB
Petugas Haji Gelombang Pertama Diberangkatkan ke Tanah Suci
Ilustrasi - Petugas menyusun kursi ruang makan di gedung D3, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (2/7/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com,JAKARTA - Pantia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1440H/2019 mulai diberangkatkan hari ini. Sebanyak 446 petugas haji nonkloter telah berangkat ke tanah suci.

Petugas haji nonkloter yang telah diberangkatkan akan bertugas di kantor urusan haji, daerah kerja Madinah, Bandara, serta petugas kesehatan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka mengimbau kepada seluruh petugas haji agar tetap menerapkan kedisiplinan yang telah ditanamkan saat pembekalan di asrama haji.

Hal senada juga diutarakan Direktur Bina Haji Kementerian Agama Khoirizi Dasir. Dia berharap para petugas bisa menanamkan kedisiplinan sehingga memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada para jemaah.

"Ketika niat sudah dicamkan di lubuk hati, maka kita tidak akan lari daripada jemaah, lari dari persoalan. Namun, kalau itu tidak dicamkan di lubuk hati, kita akan selalu menghindari dari persoalan," ujar Khoirizi seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis Kemenag, Kamis (4/7/2019)

Mengenai kesiapan petugas, Khorizi menyatakan petugas sudah dilatih untuk berdisiplin dan diharapkan dapat mengimplementasikan pembekalan yang telah diberikan oleh Menteri Agama, Dirjen PHU dan semua narasumber pada saat kegiatan pembekalan.

"Begitu sampai, petugas harus langsung mempersiapkan diri, karena tanggal 6 Juli, kloter pertama Surabaya sudah mendarat di Madinah," imbuhnya.

Khorizi menambahkan bahwa 60% jamaah haji Indonesia masuk pada golongan lansia (berusia di atas 65 tahun) dan 54% perempuan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji, kemenag

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top