Perselisihan Proyek Pipa Gas, Meksiko Yakin Capai Kesepakatan dengan Kanada

Menteri Keuangan Meksiko Carlos Urzua optimistis kesepakatan dengan Kanada bisa segera tercapai guna mengatasi ketegangan diplomatik kedua negara terkait perselisihan kontrak pipa gas.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 30 Juni 2019  |  00:12 WIB
Perselisihan Proyek Pipa Gas, Meksiko Yakin Capai Kesepakatan dengan Kanada
Comision Federal de Electricidad (CFE), otoritas bidang energi Meksiko. - Reuters/Edgard Garrido

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Meksiko Carlos Urzua optimistis kesepakatan dengan Kanada bisa segera tercapai guna mengatasi ketegangan diplomatik kedua negara terkait dengan perselisihan kontrak pipa gas.

Urzua mengaku telah bertemu dengan Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau dalam ajang KTT G20 di Jepang dan meyakini segera tercapai kesepakatan.

Menurutnya, Kanada menyatakan keprihatinannya tentang sengketa pipa gas yang telah meningkatkan ketegangan diplomatik dengan Meksiko selama KTT G20.

Comisión Federal de Electricidad (CFE), otoritas bidang energi Meksiko, menyatakan bahwa pada pekan ini akan menegosiasikan resolusi yang dinilai lebih adil untuk mengatasi perselisihan kontrak atas beberapa pipa yang sedang dibangun oleh perusahaan-perusahaan, termasuk IEnova yang merupakan perusahaan asal Meksiko dan TC Energy Corp, asal Kanada.

“Dia menyatakan keprihatinannya tentang masalah TransCanada [TC Energy Corp] ini," kata Urzua pada Sabtu (29/6/2019).

IEnova, menyatakan bahwa CFE sedang menempuh jalan arbitrase atas kontrak yang ditandatangani dengan TC Energy bagi pembangunan saluran pipa senilai US$2,5 miliar dari Texas ke pelabuhan pantai Teluk Meksiko, Tuxpan.

“Kami berharap masalah ini segera teratasi ... Bahwa ia bahkan tidak mencapai tingkat arbitrase internasional, dan bahwa hanya kesepakatan yang dicapai antara kedua belah pihak. Kami sangat optimis tentang itu,” kata Urzua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kanada, meksiko, KTT G20

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top