Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dipastikan Hadir di KTT G20, Jokowi Direncanakan Temui Putra Mahkota Saudi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang yang digelar pada 28-29 Juni 2019.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  19:27 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin rapat terbatas persiapan KTT Asean dan KTT G20 di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin rapat terbatas persiapan KTT Asean dan KTT G20 di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang yang digelar pada 28-29 Juni 2019. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arrmanatha Nasir mengatakan, Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi direncanakan akan tiba di Osaka pada 28 Juni 2019.

Menurut Arrmanatha, dalam KTT tersebut Presiden Jokowi juga tengah mengatur pertemuan bilateral dengan beberapa negara. Salah satunya dengan Arab Saudi yang diwakili oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman (MBS).

"Saat ini sudah ada beberapa negara mengindikasikan melakukan pertemuan bilateral atau poolside, antara lain Arab Saudi dan Australia," kata Arrmanatha di kantor Kemenlu, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

"Yang direncanakan hadir (delegasi Arab Saudi) adalah putra mahkotanya, MBS, jadi kalau jadi pertemuan bilateral akan dengan putra mahkota," ujarnya menambahkan.

Namun hingga saat ini rencana pertemuan tersebut belum dapat dipastikan. Arrmanatha menuturkan belum ada pertemuan bilateral yang sudah dikonfirmasi jadwalnya mengingat singkatnya waktu dan padatnya acara KTT G20.

Adapun jika pertemuan bilateral berlangsung, kata Arrmanatha, Jokowi dan Pangeran Salman kemungkinan akan membahas mengenai tindak lanjut sejumlah kerjasama yang telah disepakati kedua negara dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya.

Sebelumnya, Jokowi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Mohammad bib Salman saat berkunjung ke Arab Saudi pada April lalu. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia-Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali.

Indonesia-Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerjasama ekonomi lain. Arab Saudi tertarik melakukan kerjasama di bidang energi dan petro kimia. Saat itu, Arab Saudi juga menyepakati penambahan kembali kuota haji sebesar 10.000 bagi Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi g20
Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top