AS Puas dengan Kesepakatan Imigrasi Meksiko

Trump akan mempertahankan hak untuk mengenakan tarif jika Meksiko tidak memenuhi komitmennya.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  20:28 WIB
AS Puas dengan Kesepakatan Imigrasi Meksiko
Militer Ameriika Serikat pada Senin mengatakan akan mengerahkan sekitar 320 personel Departemen Pertahanan ke perbatasan dengan Meksiko. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan, kesepakatan imigrasi AS dan Meksiko telah memenuhi tujuan Presiden Donald Trump untuk memperbaiki masalah imigrasi di perbatasan AS bagian selatan.

Namun, Trump akan mempertahankan wewenang untuk mengenakan tarif impor jika Meksiko gagal memperluas program suaka yang kontroversial dan mengerahkan pasukan keamanan guna membendung aliran imigran Amerika Tengah.

Apabila Meksiko menjalankan program itu, AS tidak akan menerapkan tarif 5% untuk semua barang-barang Meksiko mulai Senin (10/6/2019).

“Kami sekarang memiliki perjanjian yang kami yakini akan memperbaiki masalah imigrasi. Dan itu sangat penting bagi Presiden [Trump],” kata Mnuchin kepada Reuters dalam sebuah wawancara di sela-sela pertemuan keuangan G20 di Fukuoka, Jepang, Sabtu (8/6/2019) waktu setempat, seperti dikutip dari Reuters.

Mnuchin mengatakan, Presiden Trump akan mempertahankan hak untuk mengenakan tarif jika Meksiko tidak memenuhi komitmennya

"Harapan kami adalah bahwa Meksiko akan melakukan apa yang telah mereka berkomitmen untuk lakukan dan harapan kami adalah bahwa kami tidak perlu menerapkan tarif, tetapi jelas jika itu tidak terjadi, presiden tetap memegang otoritas tersebut."

Hubungan AS dan Meksiko meregang baru baru ini, usai Presiden Donald Trump memutuskan untuk menjatuhkan sanksi 5% untuk barang-barang Meksiko mulai 10 Juni mendatang. Pengenaan sanksi ini berkaitan dengan imigran ilegal yang melintasi perbatasan kedua negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top