Kiat Mencegah Penyakit Ketika Lebaran

Rutinitas mudik Lebaran berpotensi menimbulkan kelelahan dan menimbulkan penyakit, bila tidak dicegah sedini mungkin. Jangan sampai jalinan silaturahmi terhalang akibat sakit saat Lebaran.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 05 Juni 2019  |  01:55 WIB
Kiat Mencegah Penyakit Ketika Lebaran
Foto udara kendaraan pemudik melintas di Jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Pada H-4 Lebaran arus lalu lintas di jalur selatan Lingkar Gentor terpantau ramai lancar. - ANTARA / M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA -- Rutinitas mudik Lebaran berpotensi menimbulkan kelelahan dan berbagai macam penyakit, bila tidak dicegah sedini mungkin. Jangan sampai jalinan silaturahmi terhalang akibat sakit saat Lebaran.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Anung Sugihantono menyarankan, pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan mengenakan masker selama mudik. Menurutnya, menggunakan masker bisa terhindar dari penyakit saluran pernapasan.

"Pemudik harus mempersiapkan secara matang, baik fisik dan psikis. Hal itu dimulai dari menjaga kebersihan, menggunakan masker atau sapu tangan ketika batuk flu, cuci tangan pakai sabun sebelum makan, dan pastikan juga bekal atau makanan yang dibawa benar-benar bersih dan sehat," ungkap Anung, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (5/6/2019).

Bila kondisi tubuh sedang kelelahan dan stamina kurang bagus, maka akan mudah terserang penyakit. Dia menambahkan, pemudik harus pemeriksaan bagi yang memiliki faktor risiko penyakit agar tidak menular atau terjadi hal yang tidak diinginkan saat mudik.

Anung juga melakukan pemantauan dengan mengunjungi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pada saat itu kapal motor Dabonsolo baru saja berlabuh di Dermaga, membawa lebih dari 3.000 pemudik gratis dari Jakarta yang membawa sepeda motornya pada Sabtu (1/6/2019), untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke kota tujuan masing masing.

Pada mudik lebaran, Kemenkes juga menyediakan Posko Terpadu Angkutan Udara Tahun 2019 Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, yang juga dengan ruangan laktasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran 2019

Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top