Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Ingatkan Pemerintah Waspadai Pergeseran Angkutan Mudik Udara ke Darat

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ibnu Munzir meminta aparat pemerintah mewaspadai tren peralihan angkutan mudik dari angkutan udara ke angkutan darat dalam melakukan persiapan dan layanan arus mudik Lebaran.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  21:05 WIB
Penumpang antre untuk menaiki KM Sangiang di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (27/5/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin
Penumpang antre untuk menaiki KM Sangiang di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (27/5/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ibnu Munzir meminta aparat pemerintah mewaspadai tren peralihan angkutan mudik dari angkutan udara ke angkutan darat dalam melakukan persiapan dan layanan arus mudik Lebaran.

Menurutnya, tingginya harga tiket persawat akan membuat tren penurunan jumlah penumpang transportasi udara sehingga akan berdampak pada peningkatan penumpang angkutan kereta, angkutan laut, mobil pribadi dan angkutan darat lainnya. 

“Kalau moda transportasi ini bergeser, maka perlu kewaspadaan yang tinggi. Terutama untuk penggunaan transportasi pribadi, baik itu mobil maupun motor, serta kendaraan umum,” ujarnya kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Menurut Ibnu, hal yang tidak kalah penting  adalah kesiapan sarana angkut pada kapal. Pasalnya, akan ada peningkatkan jumlah kebutuhan kapal untuk mengangkut jumlah penumpang yang diperkirakan naik saat mudik. 

“Kemudian menyangkut keselamatan, sarana pelabuhan, dan kenyamanan pengguna layanan di dalam proses kedatangan sampai turun dari kapal, perlu diantisipasi dengan baik,” ujarnya.

Terkait hal itu, pemerintah mesti menyiapkan sarana secara baik dan keselamatan harus menjadi perhatian. “Ketika jumlah penumpang membeludak, kita fokus ke situ, malah kita lupa masalah keselamatan penumpang," katanya.

Lebih lanjut, untuk memperkecil angka kecelakaan, pemerintah juga perlu meningkatkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik nanti.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr ri Mudik Lebaran
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top