Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Trump Ajak Investor Jepang Berinvestasi di AS

Presiden AS Donald Trump tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 26 Mei 2019  |  14:47 WIB
Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe berswafoto bersama Presiden AS Donald Trump ketika keduanya bermain golf di Mobara Country Club, Mobara, Prefektur China, Jepang, Minggu (26/5/2019). - Instagram Kantor PM Jepang via Reuters
Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe berswafoto bersama Presiden AS Donald Trump ketika keduanya bermain golf di Mobara Country Club, Mobara, Prefektur China, Jepang, Minggu (26/5/2019). - Instagram Kantor PM Jepang via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden AS Donald Trump mendesak para pemimpin bisnis Jepang untuk meningkatkan investasi mereka di AS dan menyindir Jepang punya "keunggulan substansial" dalam perdagangan yang tengah dirundingkan para negosiator dalam kesepakatan bilateral.

Trump tiba di Jepang pada Sabtu (25/5/2019), untuk kunjungan kenegaraan yang sebagian besar dimaksudkan untuk menunjukkan hubungan yang kuat meskipun hubungan perdagangan kedua negara sedang bermasalah. Salah satu agendanya adalah menghadiri resepsi di kediaman Duta Besar AS untuk Jepang William Hagerty, bersama eksekutif bisnis Jepang dari Toyota, Nissan, Honda, SoftBank, dan Rakuten.
 
Trump mengatakan kepada para pejabat perusahaan itu bahwa tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk berinvestasi di AS daripada saat ini. Dia menuturkan kebijakan Federal Reserve selalu menjaga pertumbuhan ekonomi AS untuk mencapai potensi terbaiknya.
 
Dengan pembicaraan perdagangan yang sedang berlangsung, Trump juga mengatakan ingin mencapai kesepakatan untuk mengatasi ketidakseimbangan perdagangan antara kedua negara.

"Jepang telah memiliki keunggulan substansial selama bertahun-tahun, tetapi tidak apa-apa, mungkin itu sebabnya Anda sangat menyukai kami," ujarnya seperti dilansir Reuters, Minggu (26/5).
 
Trump berharap dapat mengatasi ketidakseimbangan perdagangan, menghilangkan hambatan untuk ekspor AS, dan memastikan keadilan dan hubungan yang timbal balik dalam perdagangan.

Dalam kunjungannya ke Negeri Sakura, dia juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe sambil bermain golf, menonton turnamen sumo, dan makan malam pribadi.
 
Menteri Perdagangan Jepang Toshimitsu Motegi menerangkan keduanya kemungkinan akan membahas soal perdagangan, meski tidak ada diskusi soal keputusan Trump yang menyatakan beberapa impor mobil sebagai ancaman keamanan nasional AS.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang amerika serikat
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top