Warga di Kota Ini Terobsesi dengan Mercedes Benz

Imotski, sebuah kota di selatan Kroasia yang warganya terobsesi dengan mobil Mercedes Benz berencana membangun sebuah monumen mobil asal Jerman tersebut, sebagai lambang kesuksesan bagi penduduk setempat.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  07:15 WIB
Warga di Kota Ini Terobsesi dengan Mercedes Benz
Mercedes Benz E-Class. - Mercedes

Bisnis.com, JAKARTA – Imotski, sebuah kota di selatan Kroasia yang warganya terobsesi dengan mobil Mercedes Benz berencana membangun sebuah monumen mobil asal Jerman tersebut, sebagai lambang kesuksesan bagi penduduk setempat.

Bagaimana tidak, sekitar 50 persen dari total 16.000 mobil yang terdaftar di kota Imotski adalah mobil merek Mercedes Benz. Artinya ada sekitar 8.000 mobil Mercedes yang berlalu-lalang di jalanan kota tersebut.

“Saya jamin ada banyak juga yang disimpan di garasi. Saya sendiri punya 13 Mercedes tua dan 4 diantaranya masih saya gunakan,” kata Ivan Topic Nota, yang menjadi promotor utama rencana pembangunan monumen.

Dia menambahkan bawa proyek tersebut juga ditujukan untuk membuat rekor dunia dengan mengumpulkan mobil Mercedes Benz terbanyak dalam satu tempat pada September mendatang.

Banyaknya masyarakat Imotski yang senang dengan mobil tersebut dimulai sekitar 1960-an atau 1970-an. Banyak orang dari daerah itu pergi bekerja di Jerman Barat, dan mereka akan pulang dengan mengendarai Mercedes sebagai tanda keberhasilan.

“Orang-orang itu [yang memiliki Mercedes] mendapat rasa bangga dan hormat di komunitas lokal. Itu menjadi seolah kisah cinta antara penduduk setempat dengan Mercedes. Jadi, bukankan mereka layak mendapatkan sebuah monumen?,” ujar Topic Nota.

Monumen yang akan dibangun di Imotski itu nantinya akan terbuat dari batu dengan desain mobil Mercedes 115, model yang popular di kalangan setempat yang diproduksi sekitar 1968 dan 1976. Adapun, biaya pembangunannya diperkirakan mencapai US$67.633.

Topic Nota menjelaskan bahwa pihaknya telah mengumpulkan setengah dana yang dibutuhkan dari sumbangan. Bahkan, pemerintah setempat juga memberikan bantuan untuk pembangunan monumen Mercedes tersebut.

“Pada bulan September, kami berencana untuk menetapkan Guiness World Record dengan mengorganisir sekitar 2.000 mobil di satu tempati. Itu juga diharapkan bisa membawa sejumlah dana pembangunan monumen,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mobil, Mercedes Benz, kroasia

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top