Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Didampingi Keluarga, Kaisar Baru Naruhito Sapa Masyarakat Jepang

Kaisar Naruhito, yang baru diangkat, menyapa masyarakat Jepang dalam penampilan publik resmi pertama.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 04 Mei 2019  |  10:48 WIB
Kaisar Naruhito (tengah), didampingi Permaisuri Masako, Putra Mahkota Akishino, Putri Kiko, dan anggota Kekaisaran Jepang lainnya memberi salam kepada publik di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo, Jepang, Sabtu (4/5/2019). - Reuters/Issei Kato
Kaisar Naruhito (tengah), didampingi Permaisuri Masako, Putra Mahkota Akishino, Putri Kiko, dan anggota Kekaisaran Jepang lainnya memberi salam kepada publik di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo, Jepang, Sabtu (4/5/2019). - Reuters/Issei Kato

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat Jepang berkumpul di Istana Kekaisaran Jepang untuk Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dalam penampilan publik pertama mereka sejak naik tahta pada Rabu (1/5/2019).
 
Orang-orang mengantre berjam-jam untuk melihat keluarga kaisar yang baru di balkon istana. Biasanya, sambutan ini hanya dilakukan pada Tahun Baru dan hari ulang tahun kaisar.
 
"Saya mendoakan kesehatan dan kebahagian Anda. Saya berharap dengan tulus negara kita akan terus berkembang lewat kerja sama dengan negara lain dan menjaga perdamaian dunia," papar Naruhito dalam sambutannya, seperti dilansir Reuters, Sabtu (4/5/2019).
 
Dia terlihat mengenakan setelan jas lengkap, sedangkan Masako memakai gaun dan topi kuning. Keduanya melambaikan tangan kepada masyarakat yang hadir, didampingi anggota kekaisaran lainnya.
 
Pasangan ini akan tampil ke hadapan publik sebanyak enam kali, hari ini. 
 
Naruhito diangkat sebagai kaisar menggantikan ayahnya, Akihito, yang mundur karena khawatir kondisi kesehatan dan usianya menghalangi tugasnya sebagai kaisar. Akihito saat ini berusia 85 tahun, sedangkan Naruhito 59 tahun.
 
Pengunduran diri ini merupakan yang pertama dalam 200 tahun terakhir.
 
Dimulainya masa kepemimpinan Naruhito, yang berjanji untuk bekerja sebagai simbol rakyat Jepang, sekaligus menandakan berakhirnya era Heisei dan dimulainya era Reiwa--yang berarti harmoni yang indah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Kaisar Jepang

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top