Gaya Baru Peringatan Hari Buruh Disnakertrans Jabar

Dalam rangka memperingati Hari Buruh atau May Day 2019 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menggelar Demo Creation Of Labour (DCL).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 01 Mei 2019  |  12:47 WIB
Gaya Baru Peringatan Hari Buruh Disnakertrans Jabar
Pekerja melumuri batang pinang dengan bahan pelicin saat melakukan persiapan perlombaan peringatan Hari Buruh Internasional, di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/4/2019). Sejumlah elemen buruh di Medan akan memperingati Hari Buruh Internasional 2019 pada Rabu (1/5) dengan mengikuti perlombaan tradisional yang memperebutkan berbagai hadiah di lokasi tersebut. - Antara/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, BANDUNG—Dalam rangka memperingati Hari Buruh atau May Day 2019 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menggelar Demo Creation Of Labour (DCL).

Acara ini adalah cara kreatif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyalurkan hasrat berunjuk rasa para buruh setiap memperingati May Day.

“Selama ini stigma May Day selalu negatif karena identik dengan demo buruh. Karena itu kami merancang sebuah ajang kolaborasi antara pengusaha, pekerja, dan pemerintah guna menyalurkan semangat peringatan Hari Buruh kepada hal-hal yang positif dan bermanfaat,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Ade Afriandi, Rabu (1/5/2019).

Menurut Ade, perayaan yang bertema May Day is a Creative Day, Together We Grow ini merupakan konsep kegiatan perayaan bersama yang berkelanjutan dan dikemas bersama dari pekerja, oleh pekerja, dan untuk pekerja. Tujuannya tidak lain mewujudkan Buruh Juara, Migran Juara, Milenial Juara dan Pengusaha Juara menuju Jabar Juara Lahir Batin.

Ade menyebutkan, DCL dibagi empat kuadran aktivitas yaitu, Kuadran I Demo plus Kratie, dimana peserta bisa menyampaikan aspirasi mereka dengan cara lomba orasi. Kuadran II Demo plus Art, pada kuadran ini buruh yang memiliki bakat seni atau apa pun bisa ditampilkan.

Kuadran III Demo plus Cullinary, menampilkan hasil pelatihan kuliner yang diikuti keluarga pekerja. Sementara Kuadran IV Demo plus Solution, yakni ngobrol bareng mengenai solusi permasalahan ketenagakerjaan yang selama ini ada.

Menurut Ade, kegiatan ini akan dipusatkan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta No. 532 Bandung. Diperkirakan jumlah peserta yang memeriahkan acara ini mencapai 1.500 orang.

“SP/SB di Jawa Barat sebanyak 31 serikat, dan mereka sudah siap mengirimkan perwakilannya pada acara ini,” tutur Ade.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buruh

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top