Menang Telak di Bali, Begini Cara Jokowi Berterima Kasih

Jokowi menyampaikan terima kasih atas raihan dukungan suara yang diraihnya bersama cawapres Ma'ruf Amin dari masyarakat Bali.
Newswire | 19 April 2019 07:33 WIB
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin berbincang usai pertemuan koalisi dengan pimpinan partai yang tergabung Koalisi Indonesia Kerja di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019). - ANTARA/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, DENPASAR - Jokowi, capres petahana nomor urut 01 menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Bali atas dukungan yang diberikan.

Gubernur Bali, Wayan Koster, mengatakan, telah menerima telepon langsung dari Joko Widodo alias Jokowi yang menyampaikan apresiasi atas dukungan luar biasa masyarakat Bali pada pasangan petahana Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Beliau telah menerima laporan bahwa persentase suara Capres no 01 mencapai 92 persen di Bali, persentase tertinggi di antara 34 provinsi di Indonesia. Beliau mengucapkan terima kasih atas pencapaian itu," kata Koster, di Denpasar, Kamis (18/4/2019) malam.

Koster menambahkan, Jokowi telah menghubunginya pada Kamis (18/4) petang, sekitar pukul 18.30 Wita saat dirinya masih berada di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar.

Menurut Koster, dia merupakan gubernur, sekaligus ketua DPD PDI Perjuangan pertama yang ditelepon Jokowi. Hal ini sebagai apresiasi atas tingginya suara yang dicapai pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada pilpres kali ini.

Pencapaian persentase tersebut merupakan kejutan bagi Jokowi, yang sebelumnya memperkirakan bahwa dukungan di Bali akan mencapai 80 persen.

"Jadi beliau juga ingin menitipkan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bali atas dukungan yang luar biasa itu," kata Koster.

Jokowi juga mengapresiasi kerja dan pendekatan yang telah dilakukan Koster terhadap para tokoh masyarakat saat acara tatap muka pada 22 Maret lalu di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar.

Meskipun saat itu diguyur hujan lebat, acara tatap muka antara Jokowi dan ribuan tokoh masyarakat Bali berlangsung hangat dan penuh gelak tawa.

Di akhir percakapan telepon itu, Koster menyampaikan rencananya untuk menghadap Presiden guna menyampaikan sejumlah aspirasi untuk pembangunan Bali di masa mendatang. "Beliau menyambut baik dan meminta saya untuk menghadap minggu depan di Istana," ujar Koster.

Di sisi lain, terkait dengan perolehan suara PDI Perjuangan untuk caleg di DPR yang diklaim mencapai 57 persen berdasarkan perhitungan "real time" internal partai, Koster berharap bisa ada penambahan kursi di pusat dari sebelumnya 4 menjadi 6 dari Bali.

"Bisa nambah lagi dua, lumayanlah. Sebelumnya ada empat dari Bali, berharap sekarang bisa enam atau lebih. Memang ada potensi tujuh yang saya lihat, tetapi kini hitungan belum selesai," ucapnya.

Di tingkat DPRD Provinsi, kata Koster juga terjadi peningkatan suara. Koster mengklaim perolehan suara PDI-P mencapai kisaran 55 persen. Sementara di tingkat masing-masing kabupaten, Koster meyakini kalau kemenangan untuk semua kabupaten di Bali.

Saat Pilkada Bali 2018 PDIP kalah tipis di dua kabupaten yaitu Karangasem dan Klungkung. Namun kali ini PDIP dilaporkan unggul juga untuk di Karangasem dan Klungkung.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, Pilpres 2019

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup