Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peserta Pemilu 2019, Ini Tata Cara dan Aturan Memasang Iklan di Media Massa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan aturan bagi peserta Pemilu 2019 untuk beriklan di media massa. Bagaimana aturannya?
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 03 Maret 2019  |  19:10 WIB
Peserta Pemilu 2019, Ini Tata Cara dan Aturan Memasang Iklan di Media Massa
Sebuah baliho Pemilu 2019 terpasang di kawasan pengungsian warga korban bencana gempa dan likuifaksi di Kelurahan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/1/2019). - ANTARA/Mohamad Hamzah

Kabar24.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur mekanisme berkampanye di media massa dan jumlah spot beriklan untuk seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dikutip dari keterangan resmi KPU, Minggu (3/3/2019), mekanisme iklan di media massa terdiri dari dua  jenis yakni yang difasilitasi oleh KPU dan iklan secara mandiri oleh peserta Pemilu 2019.

Iklan yang difasilitasi oleh KPU mencakup  pasangan calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2019, partai politik peserta pemilu, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan partai politik lokal Aceh.

Adapun calon anggota legislatif tingkat DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota diperkenankan beriklan secara mandiri dengan mengikuti aturan yang berlaku.

Media pemasangan iklan kampanye oleh KPU juga diperluas melalui media cetak (Koran, majalah, dan tabloid), media elektronik (televisi dan radio), dan media daring.

Iklan yang difasilitasi oleh KPU untuk media cetak koran harian dilakukan paling banyak di tiga media dengan durasi beriklan selama 21 hari.

Media televisi paling banyak tiga spot (per spot paling lama 30 detik), ditiga media selama 21 hari. Media radio paling banyak tiga spot (per spot paling lama 60 detik) ditiga media selama 21 hari. Dan di media daring yang difasilitasi paling banyak satu banner di lima media dengan durasi beriklan selama 21 hari.

Adapun untuk beriklan secara mandiri, KPU berdasarkan aturan perundangan telah membatasi jumlah pengeluaran iklan yang dapat dilakukan oleh masing-masing peserta pemilu.

Untuk media cetak diberikan ruang beriklan sebanyak 1 halaman (810 mmk), televisi paling banyak 10 spot dengan durasi 30 detik, radio paling banyak 10 spot dengan durasi 60 detik, serta media daring ukuran horizontal 970 x 50 pixel dan ukuran vertikal 298 x 598 pixel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iklan kampanye pemilu Pemilu 2019 Pilpres 2019
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top