Chanel Kehilangan Desainer Legendaris & Direktur Kreatif Karl Lagerfeld, Meninggal di Usia 85 Tahun

Karl Lagerfeld, desainer legendaris yang juga dikenal sebagai Direktur Kreatif rumah mode Chanel selama tiga dekade terakhir, meninggal dunia di usia 85 tahun.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  00:44 WIB
Chanel Kehilangan Desainer Legendaris & Direktur Kreatif Karl Lagerfeld, Meninggal di Usia 85 Tahun
Karl Lagerfeld. Foto: Reuters

Bisnis.com, WINA - Karl Lagerfeld, desainer legendaris yang juga dikenal sebagai Direktur Kreatif rumah mode Chanel selama tiga dekade terakhir, meninggal dunia di usia 85 tahun.

Menurut sumber dekat sang desainer kepada Reuters, Karl meninggal dunia pada Selasa (19/02/2019), di Paris, Prancis.

Karl, yang merupakan desainer berkebangsaan Jerman itu, menjadi Direktur Kreatif di rumah mode Chanel sejak 1983, dia juga menjadi desainer untuk rumah mode Fendi sejak 1965, dan juga mengepalai brandnya sendiri yang dinamai Karl Lagerfeld.

Di dunia fashion, tak banyak desainer seusia Karl yang masih aktif bahkan menjadi desainer di beberapa rumah mode sekaligus. Bagai seseorang yang bisa menguasai bermacam-macam bahasa, Karl adalah desainer yang mampu menciptakan koleksi busana yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas masing-masing brand.

Tiap tahunnya, koleksi busana Chanel merupakan koleksi yang paling ditunggu-tunggu di Paris Fashion Week. Tak hanya itu, tiap tahunnya Karl juga menyiapkan koleksi couture untuk rumah mode Chanel.

Kesehatan Karl yang makin menurun terlihat saat peragaan busana couture Chanel terakhir yang digelar bulan Januari lalu. Karl yang biasanya berjalan di atas catwalk untuk menutup peragaan busana, pada bulan itu justru mangkir. Salah seorang staf terdekatnya mengatakan Karl pada saat itu mengaku kelelahan dan tidak sanggup untuk menutup acara peragaan busana tersebut.

Karl yang selalu mengenakan busana berwarna hitam-putih itu lahir di Hamburg, Jerman, dengan nama lengkap Karl Otto Lagerfeldt. Di awal karirnya, Karl bekerja untuk sejumlah rumah mode terkenal, termasuk Balmain dan Chloe.

Pada 1965, Karl mendapat kesempatan besar untuk menjadi Direktur Kreatif rumah mode asal Italia, Fendi, di bagian koleksi busana wanita ready-to-wear. Dia kemudian menjadi Direktur Kreatif untuk rumah mode Chanel, tepat 12 tahun setelah Coco Chanel meninggal dunia. Di bawah Karl, Chanel selalu menjadi rumah mode yang inovatif dan mempertahankan namanya sebagai salah satu brand mewah di dunia. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fashion

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top