Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil Pertimbangkan Posting Pelaku Pencemar Citarum di Instagram Pribadinya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mempertimbangkan mem-posting pelaku pencemaran Citarum di akun Instagram pribadinya guna menimbulkan efek jera.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 16 Februari 2019  |  07:20 WIB

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mempertimbangkan mem-posting pelaku pencemaran Citarum di akun Instagram pribadinya guna menimbulkan efek jera.

Ridwan Kamil mengatakan urusan Citarum memang multidimensi dari mulai pencemaran hingga penataan kembali, namun yang kerap menjadi sorotan adalah urusan penegakan hukum terhadap pelaku pencemaran.

“Jadi Citarum ini multidimensi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah penegakan hukum. Penegakan hukum juga kita bikin bertahap,” katanya usai acara Penguatan Koordinasi Penegakan Hukum di DAS Citarum di Bandung, Jumat (15/2/2019).

Namun diakuinya, berangkat dari pengalaman mengelola pembangunan, adakalanya hukuman sosial itu malah lebih membuat jera. Karena itu pihaknya tengah memikirkan hukuman sosial dengan mempublikasikan mereka-mereka yang mencemari Citarum.

“Sehingga masyarakat jadi tahu, menghukum dengan cara sosial tidak membeli produknya atau apa sebagai peringatan. Polanya sedang dikaji,” ujarnya.

Ridwan mengaku saat menjabat Wali Kota Bandung pernah melakukan sanksi sosial dengan memasangi spanduk kepada restoran dan kafe yang tidak membayar pajak. “Setelah dibegitukan bayar pajak. Tapi kalau diancam pasal malah nantang dan suka tidak taat. Ini khas Indonesia lah,” tuturnya.

Karena itu dirinya kini mempertimbangkan apakah lewat akun sosial media pribadinya kemba,I melakukan hal yang sama guna menumbuhkan sanksi sosial bagi para pelaku pencemaran Citarum. “Kita kaji dulu dampaknya, menurut saya patut dipertimbangkan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top