PDSS Ditutup Hari Ini, Siswa Memenuhi Syarat akan Terverifikasi Secara Otomatis

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi memberikan informasi lanjutan terkait proses verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang ditutup hari ini, Selasa (29/1/2019).
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 29 Januari 2019  |  21:35 WIB
PDSS Ditutup Hari Ini, Siswa Memenuhi Syarat akan Terverifikasi Secara Otomatis
Ravik Karsidi - wikimedia

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi memberikan informasi lanjutan terkait proses verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang ditutup hari ini, Selasa (29/1/2019).

Ravik menjelaskan bagi para siswa yang belum menyelesaikan verifikasi tidak perlu khawatir karena akan dilaksanakan verifikasi otomatis bagi yang telah memenuhi syarat.

Para siswa juga diharap bersabar menunggu hasil pemeringkatan oleh sistem LTMPT sampai tanggal 3 Februari 2019.

"Bagi siswa yang sekolahnya sudah mengisi PDSS dan finalisasi, tetapi masih ada siswa yang belum menyelesaikan verifikasi sampai tadi pagi 29 Januari pkl 10.00 wib, diharapkan tidak usah khawatir karena akan dilakukan verifikasi otomatis oleh sistem LTMPT bagi siswa yang telah memenuhi persyaratan," jelas Ravik, Selasa (29/1/2019).

Selain itu, ada hal penting yang dihimbau oleh Ravik kepada Siswa yang telah masuk dalam pemeringkatan untuk segera mendaftar SNMPTN untuk menghindari penumpukan pendaftar.

"Bagi siswa yg telah masuk ke dalam pemeringkatan diharap segera mulai pendaftar SNMPTN mulai tgl 4 Februari 2019. Jangan mendaftar di waktu-waktu akhir pendaftaran untuk menghindari penumpukan pendaftar karena trafic dan load data yang tinggi."

Berdasarkan laman resmi SNMPTN 2019, pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran, yakni sebagai berikut:

a. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

b. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
Baca juga: Liliyana Natsir Pensiun sebagai Atlet Bulu Tangkis

c. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

d.SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Dalam penentuan siswa yang berhak mendaftar SNMPTN, terdapat perbedaan kuota untuk tiap sekolah yang didasarkan pada kategori akreditasi sekolah.

Pada sekolah dengan akreditasi A akan diambil 40% terbaik di sekolahnya. Kemudian akreditasi B diambil 25% terbaik di sekolahnya dan untuk sekolah akreditasi C dan lainnya diambil 5% terbaik di sekolahnya.

Bagi siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT tersebut dapat melakukan pendaftaran ke laman resmi SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id. Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pekan depan atau pada 4 Februari 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top