Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selamat Ulang Tahun ke-72, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri

Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hari ini merayakan ulang tahun ke-72. Perayaan ulang tahun Mega rencananya akan digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pukul 13.00 Wib.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  09:36 WIB
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berbicara dalam acara Bu Mega Bercerita di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (7/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berbicara dalam acara Bu Mega Bercerita di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (7/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri hari ini merayakan ulang tahun ke-72. Perayaan ulang tahun Mega rencananya akan digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pukul 13.00 Wib.

Berdasarkan jadwal yang beredar, puncak peringatan ulang tahun Megawati digelar dengan pementasan musik ‘Bankit Pemudi Pemuda’. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan turut menghadiri acara tersebut.

Megawati boleh disebut sebagai politikus senior untuk saat ini. Megawati lahir Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Dia terjun ke panggung politik sejak 1986 bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Dalam waktu kurang dari 10 tahun, Mega terpilih sebagai Ketua Umum PDI dalam kongres luar biasa di Jakarta pada 1993. Namun, karena situasi politik, Mega lengser 3 tahun kemudian.

Setelah Presiden k-2 Soeharto lengser, lalu pemerintah membuka kesempatan pendaftaran partai politik, Megawati datang dengan membawa bendera PDI Perjuangan.

Mega bersama PDI Perjuangan memenangkan Pemilu 1999. Dalam Sidang Umum MPR/DPR 1999 untuk pemilihan presiden, Megawati saat itu kalah pemungutan suara dari Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Mega lantas terpilih sebagai wakil presiden.

Situasi politik yang berubah akhirnya mengantar Megawati duduk sebagai Presiden ke-5 RI pada 2001.

Saat memasuki era Pemilihan Presiden secara langsung pada 2004 dan 2009, dua kali Megawati mencalonkan diri sebagai presiden dan dua-duanya gagal. Pada Pemilu 2004 dirinya berpasangan dengan Hasyim Muzadi (sebagai cawapres) dan pada 2009 Mega berpasangan dengan Prabowo Subianto.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top