LAPORAN DARI ARGENTINA: KTT G20 Dimulai, Donald Trump Tak Tampak?

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2018 yang diadakan di Buenos Aires, Argentina resmi dimulai pada Jumat (30/11/2018). 
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 30 November 2018  |  23:32 WIB
LAPORAN DARI ARGENTINA: KTT G20 Dimulai, Donald Trump Tak Tampak?
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. - REUTERS

Bisnis.com, BUENOS AIRES--Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2018 yang diadakan di Buenos Aires, Argentina resmi dimulai pada Jumat (30/11/2018). 

Para pemimpin dari 19 negara dan perwakilan negara-negara Uni Eropa dengan skala ekonomi yang besar datang ke Ibu Kota Argentina untuk bertemu dan mendiskusikan beberapa strategi terkait kebijakan fiskal dan stabilitas finansial internasional. 

Berdasarkan pantauan Bisnis di International Media Center (IMC) G20 2018, Presiden dan Perdana Menteri sudah mulai memasuki ruang pertemuan yang berada di Costa Salguero Center, Buenos Aires. 

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe merupakan pemimpin pertama yang memasuki ruang meeting. Tak lama setelah itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau turun dari mobil turut memasuki ruangan dengan lantai yang dilapisi karpet merah. 

Lima menit berselang, Presiden China Xi Jinping juga telah sampai ke Costa Salguero Center meski baru tiba di Bandara Ezeiza Kamis malam waktu setempat (29/11/2018). Kedatangan Jinping sangat ditunggu-tunggu karena akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait isu perang dagang antar kedua negara. 

Telah hadir pula Putra Mahkota Kerjaan Arab Saudi Mohammad Bin Salman, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tiba di Costs Salguero pada pukul 10.30 waktu setempat. 

Setelah memasuki ruangan, para Presiden dan Perdana Menteri langsung disambut oleh Presiden Argentina Mauricio Macri di dalam ruangan Costa Salguero Center. Macri menyambut para pemimpin negara-negara G20 dengan ramah. Mengenakan setelan jas berwarna hitam, Macri berdiri di tengah ruangan yang dilapisi dinding berwarna biru dan bertuliskan "G20 Argentina 2018 Buenos Aires". 

Sosok pemimpin yang pertama kali memasuki ruangan, yaitu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kesempatan selanjutnya, Presiden Macri berjabat tangan dan berfoto bersama dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Uni Eropa Donald Tusk, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammad Bin Salman, Perdana Menteri Inggris Theresa May, dan Presiden Mexico Enrique Pena Niento. 

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memasuki ruangan sekitar pukul 11.00 waktu Buenos Aires. JK yang mengenakan setelan jas hitam, kemeja putih, dan dasi berwarna kuning keemasan. Macri menjabat tangan JK dengan erat setelah itu keduanya langsung berfoto bersama. 

Kepala negara lain yang kedatangannya sangat ditunggu-tunggu, yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Namun, setelah menunggu beberapa lama, tidak terlihat Presiden AS Donald Trump memasuki ruangan atau bahkan berjabat tangan dengan Presiden Argentina Mauricio Macri. Padahal, setelah Putin dan Jinping, Trump merupakan tokoh sentral di pertemuan G20 tahun ini. Pertemuan Trump-Jinping sangat dinantikan untuk mencari solusi masalah perang dagang yang terjadi antar kedua negara. 

Presiden Argentina pun langsung meninggalkan area penyambutan untuk segera memasuki ruang pertemuan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KTT G20

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top