Presiden Jokowi Minta ASN Tidak Terjebak Ego Organisasi

Presiden Joko Widodo mengingatkan anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk tidak terjebak ego sektoral sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 29 November 2018  |  11:38 WIB
Presiden Jokowi Minta ASN Tidak Terjebak Ego Organisasi
Aparatur sipil negara berfoto bersama seusai mengikuti upacara peringatan HUT ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), di Monas, Jakarta, Rabu (29/11/2017). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengingatkan anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk tidak terjebak ego sektoral sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Harus dipahami bahwa kita dihadapkan pada perubahan sosial dan perubahan ekonomi yang sangat pesat, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman,” paparnya saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan HUT ke-47 Korpri, seperti disampaikan dalam keterangan resminya, Kamis (29/11/2018).

Revolusi lndustri 4.0, ungkap Presiden, telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia. Di sisi lain, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN.

Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dari dunia usaha diyakini akan meningkatkan tuntutan kecepatan pelayanan dari ASN sehingga ASN harus meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas.

“Mau tidak mau, ASN harus selalu open minded, terus melakukan inovasi, dan menyederhanakan proses kerja, ASN harus memanfaatkan kemajuan teknologi, kemajuan pengetahuan, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” tuturnya.

Oleh karena itu, kepada seluruh ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, Presiden meminta untuk tidak terjebak dengan ego sektoral, tidak terjebak oleh ego organisasi, tidak terjebak oleh ego program masing-masing.

“Semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral, bahkan juga lintas daerah. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN kita bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, kepada bangsa dan kepada negara,” tegas Presiden Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, ASN

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup