Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei: Ulama dan Tokoh Agama Paling Didengar Masyarakat daripada Politisi dan Pengamat

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil surveinya, kali ini mengenai imbauan yang paling didengar masyarakat berdasarkan profesi.
(Kanan) Peneliti Ikrama Masloman saat merilis hasil survei LSI Denny JA./Bisnis-Muhammad Ridwan
(Kanan) Peneliti Ikrama Masloman saat merilis hasil survei LSI Denny JA./Bisnis-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil surveinya, kali ini mengenai imbauan yang paling didengar masyarakat berdasarkan profesi.

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman mengatakan bahwa ulama atau tokoh agama adalah sosok yang paling didengar oleh masyarakat dibandingkan dengan profesi lainnya.

Sebanyak 51.7% pemilih menyatakan bahwa mereka sangat mendengar imbauan dari tokoh agama (ulama, pastor, biksu, dan lainnya). Sedangkan yang menyatakan mendengar imbauan politisi hanya 11.0%, dan terpengaruh dengan imbauan atau pendapat pengamat hanya 4.5%.

“Mereka yang menyatakan tokoh agama paling kuat pengaruhnya merata di semua segmen pemilih. Baik mereka yang berpendidikan tinggi maupun rendah, mereka yang berpendapatan tinggi, maupun “wong cilik”, mereka yang merupakan pemilih milenial, maupun pemilih lansia, semua segmen pemilih partai dan capres,” ujar Ikrama di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Selain itu, Ikrama juga menjelaskan ada tiga syarat utama ulama yang didengar imbauannya, Pertama, tingkat pengenalan tokoh agama atau ulama tersebut di atas 40%. Kedua, tingkat kesukaan terhadap ulama tersebut di atas 50%. Ketiga, kemampuan mereka mempengaruhi atau imbauannya didengar di atas 15%.

Menurut Ikrama kemampuan mempengaruhi sebesar 15% merupakan tingkat yang tinggi untuk tokoh-tokoh dalam mempengaruhi pemilih.

Berdasarkan tiga syarat utama tersebut, dijelaskannya muncul lima nama yang memiliki tiga syarat itu, yaitu Ustad Abdul Somad, Ustad Arifin Ilham, Ustad Yusuf Mansur, Ustad Abdullah Gymnastiar (AA Gym), Habib Rizieq Shihab.

Sebelumnya LSI Denny JA melakukan survei nasional pada 10-19 Oktober 2018 terhadap 1.200 responden di 34 Provinsi.  

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling. Margin of error survei 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper