Timses Paslon 01 & 02 Bertemu KPAI, Ini yang Dibahas

Tim sukses pasangan calon nomor urut 01 dan nomor urut 02 melakukan pertemuan dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Jakarta pada Senin (12/11/2018).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 12 November 2018  |  19:01 WIB
Timses Paslon 01 & 02 Bertemu KPAI, Ini yang Dibahas
KPAI dan Timses kedua paslon presiden dan wapres memberi keterangan selepas melakukan pertemuan di Kantor KPAI di Jakarta. - Bisnis.com/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA – Tim sukses pasangan calon nomor urut 01 dan nomor urut 02 melakukan pertemuan dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Jakarta pada Senin (12/11/2018).

Selepas pertemuan, kedua tim sukses (timses) menyepakati dua poin bersama dengan KPAI.

“Kedua timses hadir sesuai dengan undangan dan kedua timses berkomitmen melaksanakan saran KPAI, yaitu pertama, timses berkomitmen menguatkan program perlindungan anak dari Capres dan Cawapres yang diusung. Kedua, berkomitmen untuk tidak menyalahgunakan anak dalam kegiatan politik,” ujar Ketua KPAI Susanto.

Dia menjelaskan timses memegang peran penting dalam pencegahan pelibatan anak pada setiap kegiatan politik. Menurutnya, anak-anak sangat rentan disalahgunakan dalam kegiatan politik.

“Melibatkan anak dalam kegiatan money politic agar memilih paslon tertentu, melibatkan anak melakukan ujaran kebencian terhadap paslon tertentu serta melibatkan anak sebagai juru kampanye, merupakan bagian contoh dari 15 poin yang dikategorikan sebagai penyalahgunaan anak dalan kegiatan politik,” jelasnya.

KPAI mengaku telah melakukan berbagai tindakan guna mencegah kegiatan yang melibatkan anak, salah satunya sebelum pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dimulai, KPAI telah melakukan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum dan menyapakati MoU dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Pada 23 Juli 2018, KPAI memanggil seluruh partai politik untuk menandatangani komitmen agar tidak melibatkan anak dalam kegiatan politik.

“Kalau dimaknai ikhtiar yang dilakukan KPAI, kami telah berproses panjang terkait ikhtiar mencegah penyalahgunaan anak di event politik,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpai, Pilpres 2019

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top