Jokowi Bakal Bagikan Sertifikat TORA di Riau

Pemprov Riau menyatakan Presiden Jokowi akan berkunjung ke daerah itu, untuk membagikan sertifikat tanah objek reformasi agraria atau TORA kepada petani setempat.
Arif Gunawan | 10 November 2018 06:38 WIB
Ilustrasi - Antara
Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau menyatakan Presiden Jokowi akan berkunjung ke daerah itu, untuk membagikan sertifikat tanah objek reformasi agraria atau TORA kepada petani setempat.
 
Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengatakan program sertifikat TORA ini menjadi upaya pemerintah untuk melakukan perluasan lahan pertanian, dan meningkatkan kesejahteraan petani Riau.
 
"Rencananya Pak Jokowi akan memberikan sertifikat TORA ke petani, 24 November nanti, tapi jadwalnya masih menyesuaikan dengan beliau," katanya Jumat (9/11/2018).
 
Petani dari sejumlah daerah di Riau akan mendapatkan sertifikat TORA, salah satunya dari Kabupaten Siak.
 
Sebelumnya Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Siak Hendrisan mengatakan lahan TORA di wilayah itu tersebar di tiga kecamatan yaitu Mempura, Sungai Apit, dan Pusako.
 
Bila ditotal, seluruh lahan TORA di Siak itu mencapai sekitar 10.000 hektare. Namun sampai saat ini pihaknya mencatat baru sekitar 4.000 hektare yang sudah diinventarisir. Sedangkan sisanya 6.000 hektare lagi masih dalam proses penyelesaian inventaris.
 
Rencananya di atas lahan TORA itu, pemda mendorong untuk ditanam padi, nenas, yang memang sudah banyak dikelola oleh petani setempat.
 
Tag : jokowi, riau, tanah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top