48 Madrasah Beralih Status ke Negeri

Sebanyak 48 madrasah telah beralih status menjadi negeri, ditandai dengan penerbitan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 535/2018.
M. Syahran W. Lubis | 29 Oktober 2018 23:54 WIB
Siswa Madrasah Aliyah Negeri berdoa bersama menjelang pelaksanaan Ujian Nasional - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 48 madrasah telah beralih status menjadi negeri, ditandai dengan penerbitan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 535/2018 tentang Penegerian 48 (Empat Puluh Delapan) Madrasah.

Ke-48 madrasah ini terdiri dari 16 Madrasah Aliyah (MA), 26 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Madrasah yang dinegerikan ini tersebar di 14 provinsi di antaranya Riau (10), Bali (1), Banten (4), Jawa Timur (3), Kalimantan Barat (3), Kepulanan Riau (1), dan Maluku (2).

Selanjutnya di Maluku Utara (2), Nusa Tenggara Timur (7), Papua (3), Sulawesi Selatan (3), Sulawesi Tengah (5), Sulawesi Utara (2), dan Sulawesi Selatan (2).

Jumlah itu terdiri dari 16 Madrasah Aliyah (MA), 26 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI).

KMA Penegerian tersebut diserahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi atau yang mewakili di MAN 3 Pekanbaru, Riau, Senin (29/10/2018).

"Peresmian penegerian 48 madrasah ini upaya untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam bidang keagamaan. Jadi mudah-mudahan madrasah-madrasah negeri bisa jadi role model di masyarakat, lingkungan, dan khususnya kepada madrasah swasta dengan cara mengembangkan diri," kata Lukman Hakim sebagaimana dilansir laman resmi Kemenag.

Menag menjelaskan saat ini terdapat 3.939 madrasah di Indonesia, baik MI, MTs, dan MA. Menurutnya, jumlah ini masih terbilang sedikit. Untuk itu, pemerintah berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan keagamaan dengan mendirikan lebih banyak madrasah di setiap daerah.

Plt. Kakanwil Kemenag Riau Mahyuddin mengatakan pihaknya mengucapkan rasa syukur tidak terhingga atas kehadiran Menteri Agama ke Riau untuk melakukan peresmian 48 madrasah se-Indonesia.

Dengan bertambahnya jumlah madrasah di Riau, dia berharap bisa menambah minat masyarakat untuk memercayakan pendidikan anaknya di madrasah.

Selain KMA Penegerian, Menag juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar untuk siswa madrasah, serta menandatangani prasasti peresmian madrasah dan PTSP Kanwil Kemenag Riau.

Menag juga menyaksikan penyerahan hibah tanah dari Wali Kota Pekanbaru ke MAN 3 Pekanbaru, serta penyerahan bantuan bencana tahap kedua untuk korban gempa, tsunami, dan likuefaksi Palu, Donggala, dan Sigi (Sulawesi Tengah).

Sumber : Kemenag.go.id

Tag : madrasah
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top