Universitas di India Buka Kelas Khusus Bertema Harry Potter

National University of Juridicial Sciences di Kolkata, Bengal Barat, India membuat sebuah mata kuliah khusus yang diangkat dari dunia sihir buatan J.K. Rowling. Mata kuliah itu menggunakan hukum dan aturan yang ada di kisah Harry Potter dan membandingkannya dengan keadaan di dunia nyata.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 25 Oktober 2018  |  08:36 WIB
Universitas di India Buka Kelas Khusus Bertema Harry Potter
Poster film Harry Potter. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi sebagian orang, kisah Harry Potter dan dunia penyihir bukan sekadar dunia rekaan. Ada yang memanfaatkannya dan menjadikannya inspirasi, termasuk di dunia pendidikan.

National University of Juridicial Sciences di Kolkata, Bengal Barat, India membuat sebuah mata kuliah khusus yang diangkat dari dunia sihir buatan J.K. Rowling. Mata kuliah itu menggunakan hukum dan aturan yang ada di kisah tersebut dan membandingkannya dengan keadaan di dunia nyata.

Dilansir dari BBC, Kamis (25/10/2018), mata kuliah bertajuk “Sebuah Pengenalan antara Hukum dan Literatur Fiksi Fantasi: Konsentrasi Khusus pada Potterverse Karya Rowling” ini didesain oleh Profesor Shouvik Kumar Guha.

Dia menyebut mata kuliah tersebut sebagai sebuah eksperimen untuk mendorong pemikiran yang kreatif dari para mahasiswa. Dunia fantasi karya Rowling ini dipilih karena dinilai sangat populer di India.

Beberapa topik yang diangkat menyinggung bagaimana hak-hak kelas dan hak-hak sosial di masyarakat India bisa disamakan dengan perbudakan peri rumah dan marjinalisasi manusia serigala di dunia Potter.

“Dalam sistem kami yang berjalan sekarang, kita hanya memberitahu mahasiswa kalau hukum itu hitam putih. Apakah mereka bisa menerapkan hukum yang sudah ada ke situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya?” papar Guha.

Contoh fiksi dari kisah itu akan digunakan untuk membantu mahasiswanya bersiap menghadapi situasi yang dapat berubah kapan saja. Melalui semesta Potter, Rowling dinilai berbicara mengenai bagaimana institusi legal bisa jatuh.  

“Anda juga bisa melihat banyak contoh bagaimana media digunakan oleh institusi politik di buku-buku Potter dan melihat hal yang sama di dunia nyata,” tambahnya.

Mata kuliah itu akan dimulai pada Desember 2018, tapi kelas tersebut sudah tidak menerima mahasiswa lagi karena sudah memenuhi kuota 40 kursi. Namun, ternyata peminatnya sangat banyak sehingga beberapa mahasiswa pun meminta Guha menambah kapasitas kelasnya.

Tetapi, kelas semacam ini ternyata bukanlah yang pertama di dunia. Universitas Durham di Inggris digadang-gadang sebagai yang pertama menawarkan kelas khusus bertema Potterverse.

Yale University dan Georgetown University, dua universitas ternama AS, juga memiliki mata kuliah serupa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
india, harry potter

Sumber : BBC

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top